Niat Doa Buka Puasa Dan Sahur Yang Shahih Dzahaba Benar Dan Artinya

Menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban setiap umat islam yang sudah baligh di bulan ramadhan dan menjadi kesunnahannya pada puasa senin kamis serta waktu-waktu lainnya. Dalam setiap ibadah baik yang di wajibkan atau yang di sunnahkan selalu di sertai dengan amalan-amalan penambah sebagai pelengkap pahala dari ibadah pokok, seperti halnya dalam berpuasa ini. Ketika menjalankan ibadah puasa seseorang di wajibkan untuk menahan dari segala yang membatalkannya dan nanti jika sudah tiba waktunya di wajibkan juga berbuka, jika bisa sukses mengerjakannya sudah pasti pahala yang sudah di tentukan akan dia dapatkan, namun tidak hanya sampai di sana apabila ingin menambahkan pahala maka bisa menambah amalan sunnah lainnya seperti salah satunya membaca doa ketika berbuka puasa.

Memang tidak dapat dipungkiri, sebuah hal yang selalu di tunggu-tunggu saat berpuasa adalah tibanya waktu berbuka, bahkan saat buka puasa menjadi momen teristimewa bagi mereka yang sedang mengerjakan puasa. Segala hal yang biasanya tidak di kerjakan pada bulan lain namun saat berpuasa menjelang waktu berbuka pasti akan di lakukan contohnya saja adanya aktivitas ngabuburit guna menunggu waktu berbuka agar tidak terasa, selanjutnya mencari dan menyediakan menu untuk takjil dan berbuka, hingga semua hal yang kiranya bisa membuat buka puasa lebih semangat pasti akan di lakukan oeh orang-orang, tidak hanya saat ramadhan saja tetapi juga ketika menjalankan puasa senin kamis qadha syawal dan yang lainnya.

Lalu apa hubungannya dengan doa berbuka puasa, ternyata tidak sedikit dari umat islam saat berbuka selalu lupa membacakan doa, penyebabnya tiada lain karena begitu asiknya menyammbut buka puasa sampai menyediakan menu istimewa sehingga ketika akan menyantap makanan, doa pun sampai lupa. Mudah-mudahan saja adanya pembahasan ini menjadi sebuah sarana pengingat bahwa ketika berbuka puasa jangan lupa terlebih dahulu membacakan doa, memang bukan suatu kewajiban bahkan jika tidak di baca pun tidak akan membatalkan pada puasa, akan tetapi apabila ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari sisi pahala jangan sampai meninggalkannya.

Doa Niat Buka Puasa Dan Sahur Yang Shahih Dzahaba Benar Dan Artinya

Doa buka puasa umumnya di bacakan sebelum menyantap makanan yang sudah di sajikan sejak sore hari, yang di awali dengan bacaan basmalah terlebih dahulu. Tujuan darii doa ini tiada lain memohon keberkahan dari apa yang ia santap serta meminta agar berbuka tersebut menjadi sebuah nilai ibadah yang tidak hanya bisa membuah kenyang perut yang lapar tetapi juga bisa kenyang dalam pahala kebaikan. Di masyarakat ada beberapa jenis doa buka puasa yang umum di amalkan, ada yang bacaannya pendek dan ada pula yang panjang, mana yang harus di pilih, allangkah baiknya memilih bacaan yang sudah di paham karena jenis-jenis doa yang di ajarkan oleh para ulama meskipun berbeda bacaannya namun pasti semuanya memiliki kebaikan dan keutamaan, namun jika sudah hafal alangkah baiknya jika doa yang di baca merupakan bacaan yang shahih seperti contoh di bawah ini.

Doa Buka Puasa Allahumma Laka Shumtu

Doa Buka Dzahaba

Tidaklah begitu sulit bacaan kalimat dari doa buka puasa bahkan yakin semua orang dewasa ernah menghafalnya, tetapi di karenakan puasa datangnya setahun sekali tidak seperti sholat yang di kerjakan setap hari, sehinggga memungkinkan sebagian orang ada yang lupa akan bacaannya. Oleh sebab itu kami mencoba memfasilitas dengan menulisnya di sini agar jika ada yang lupa bisa menghafalnya kembali, silahkan cermati sebaik mungkin terutama yang ada kaitannya dengan doa niat buka puasa dan sahur yang shahih dzahaba benar dan artinya berbuka qadha rosul syawal rajab dan lain sebagainya.