Bacaan Doa Iftitah Pendek Yang Betul Allahumma Baid Dan Artinya

Dalam melaksanakan ibadah sholat wajib lima waktu atau sunnah, terdapat serangkaian bacaan yang apabila di bacakan bisa menambah pahala dan jika tertinggal tidak merubah pada hukum sholat itu sendiri salah satunya yaitu membaca doa iftitah. Meskipun tidak termasuk pada rukun, doa iftitah ini di anjurkan untuk di baca setiap sholat baik dalam sholat wajib atau ketika mengerjakan sholat sunnah.

Di sadari atau tidak, ada banyak orang mulai mempertanyakan mengapa bacaan ini di beri nama dengan doa iftitah? jawabannya sebab menjadi doa pembuka pada sholat yang di bacakan setelah takhbiratul ikhram sebelum membaca surat fatihah. Dalam setiap sholat, iftitah ini hanya di lakukan satu kali saja yaitu pada waktu tersebut sebelum membaca fatihah selanjutnya tidak ada lagi iftitah hingga sholat selesai.

Adapun mengenai bacaan dari doa iftitah ini cukup bervariasi, dalam arti memiliki beberapa versi bacaan yang umum di amalkan oleh masyarakat. Meskipun jenis kalimatnya berbeda tujuan dari doa tersebut tetap sama dan keduanya sangat baik di amalkan, tidak ada satu jenis pun doa iftitah yang jelek, kendati demikian masyarakat saat ini tetap ingin yang memiliki sumber, termasuk dalam hal mengenai bacaan doa iftitah ini.

Bacaan Doa Iftitah Pendek Yang Betul Allahumma Baid Dan Artinya

Setidaknya ada 2 jenis bacaan doa iftitah yang sering di amalkan oleh masyarakat setiap sholat 5 waktu, keduanya tersebut berbeda dengan doa sholat dhuha atau jenis doa lainnya. Bagi kalian yang ingin menghafal kedua doa tersebut maka silahkan untuk di lihat bacaannya di bawah ini dan jangan bertanya mana yang paling baik karena keduanya sangat baik di amalkan dan di namai dengan doa iftitah dalam sholat.

Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Artinya : Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin.

Bacaan Doa Iftitah Kabiro

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya : Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Sebenarnnya untuk memahami seputar doa iftitah yang benar, akan sangat banyak sekali pembahasan yang harus di jelaskan secara terperinci. AKan tetapi halaman ini khusus di berikan hanya untuk sekedar memberikan bacaannya saja agar yang belum mengetahui bisa langsung menghafalnya dengan baik dan di amalkan. Pada halaman lain akan di bahas seputar tata cara sholat termasuk doa-doa dan bacaannya secara lengkap.
(adsbygoogle=window.adsbygoogle||[]).push({});