Bacaan Doa Qunut Dan Artinya Sholat Subuh Witir Nazilah Lengkap

Doa qunut adalah sebuah pembahasan yang cukup menarik untuk di perjelas secara detail agar semua orang tahu dan paham bagaimana kedudukan dari hukum doa qunut ini, sehingga yang melaksanakan dan yang tidak mengerjakan lebih tahu dan tidak saling salahkan. Karena memang tidak bisa di pungkiri adanya perbedaan yang terjadi dilakangan para ulama dari 4 madzhab, membuat orang yang tidak tahu dasarnya saling menyalahkan satu sama lain.

Pembahasan awal sebelum mengemukakan bagaimana tulisan lengkap dari bacaan doa qunut subuh dan nazilah, terlebih dulu akan di ulas mengenai hukum atau kedudukan qunut subuh menurut pendapat emat madzhab yang pertama dari imam syafi'i dan maliki menghukumi qunut subuh adalah sunnah, bahkan salah satu ulama besar dari kalangan syafi'i yaitu imam nawawi mengemukakan bahwa qunut subuh hukumnya adalah sunnah muakan artinya sangat di anjurkan dan apabila tertinggal maka harus mengerjakan sujud sahwi.

Adapun menurut pendapat dari kalangan mazhab Hanafi dan hambali mengemukakan bahwa tidak ada doa qunut pada sholat subuh, akan tetapi meskipun mereka berpendapat seperti itu tetap menghargai pendapat yang memberikan hukum sunnah, dan begitu juga sebaliknya. Lalu apa yang mendasari imam syafi'i sehingga dia yakin bahwa qunut subuh sunnah yaitu berpedoman pada salah satu hadits yang di riwayatkan oleh oleh Annas bin Malik Ra bunyi artinya yaitu Rasulullah Saw senantiasa melakukan qunut pada shalat subuh sampai Beliau meninggalkan dunia.

Hukum Bacaan Doa Qunut Subuh Nazilah Pendek Wajib Atau Sunnah

Dan selain salah satu hadits yang di terangkan di atas membuktikan dengan kuat bahwa qunut subuh harus di lakukan dengan hukumnya sunnah. Akan tetapi perlu di pahami dengan baik, di karenakan hukum dari qunut sunnah maka apabila tertinggal tidak sampai membatalkan sholat dalam arti tetap sah, akan tetapi dalam mandzhab syafii karena termasuk pada sunnah mu'akad maka apabila tertinggal mesti melakukan sujud sahwi.

Sedang untuk mengenai qunut nazilah maka sudah tentu sangat di anjurkan dan hukumnya juga sunnah, akan tetapi hanya di laksanakan ketika ada musibah saja sebagaimana dalam salah hadits juga ada yang menjelaskan bahwa baginda rasul saw pernah berqunut selama satu bulan penuh ketika terbunuhnya para sahabat al-qurra. Selain itu qunut nazilah berbeda dengan subuh, perbedaannya di lakukan setiap sholat wajib.

Yang di maksud dengan adanya musibah ini meliputi ketika umat islam sedang ada dalam kesulitan misal di perangi oleh kaum kapir, teraniaya atau sejenisnya. Dan tidak hanya ketika musibah tersebut sedang terjadi di lokasinya saja akan tetapi sunnah di laksanakan meskipun musibah tersebut sedang terjadi di negara lain misal palestina, rohingya myanmar dan lain sebagainya, bahkan tata cara qunut nazilah ini juga sama dengan qunut subuh yaitu di lakukan setelah ruku'.

Lalu apakah ada perbedaan dari bacaan qunut subuh dan nazilah? sebenarnya dari keduanya tidak ada perbedaan sama-sama berisikan doa dan permohonan akan tetapi biasanya pada qunut subuh suka di tambah dengan doa khusus mohon keselamatan untu sebuah daerah atau sesuatu yang sedang terjadi. Nah jika ingin mengetahui bacaan lengkap dari doa qunut, maka bisa langsung simak dan pelajari di bawah ini dengan baik dan benar.

1. Doa Qunut Sholat Subuh

Hukum Bacaan Doa Qunut Subuh Nazilah Pendek Wajib Atau Sunnah

Sedangkan untuk bacaan qunut nazilah biasanya kebanyak umat muslim indonesia membacakan doa yang ada di atas sama seperti subuh namun di tambahkan beberapa kalimat yang di khsuskan untuk kebutuhan dan keadaan. Namun apabila membutuhkan yang lebih lengkap misalnya untung qunut nazilah rohingya bisa menggunakan doa qunut di bawah ini, berikut kami tulis dalam bahasa arab secara lengkap.

2. Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah Arab

Ya Allah! Segala pujian hanya milik-Mu; segala kesyukuran hanya kepunyaan-Mu; dan hanya kepada-Mulah segala urusan akan kembali!

Ya Allah! Kami mohon pertolongan dan ampunan darimu, kami memuji-Mu dan kami tidak mengkufurimu, dan kami tinggalkan orang-orang yang berbuat fajir terhadap-Mu!

Ya Allah! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, kaum muslimin dan muslimat. Satukanlah hati mereka, perbaikilah urusan di antara mereka, dan tolonglah mereka atas musuh-musuh-Mu dan musuh-musuh mereka!

Ya Allah! Kokohkanlah Islam dan kaum muslimin, hinakanlah kemusyrikan dan orang-orang musyrik, binasakanlah musuh-musuh-Mu, musuh-musuh dien ini!

Ya Allah! Jadikanlah mereka bersengketa, dan goncangkanlah kekuatan langkah-langkah mereka, dan turunkanlah kepada mereka beban yang tidak Engkau hilangkan dari para pendosa!

Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir yang menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan membunuh wali-wali-Mu.

Ya Allah! Hanya kepada-Mu kami beribadah. Hanya kepada-Mu kami shalat dan sujud. Hanya untuk-Mulah kami berupaya dan berusaha. Kami amat mengharapkan rahmat-Mu. Kami takut terhadap adzabmu yang dahsyat. Sesungguhnya adzab-Mu bagi orang-orang kafir itu pasti terjadi.

Ya Allah! Tolonglah saudara-saudara kami yang terintimidasi dan terzalimi di Rohingya (Myanmar).

Ya Allah! Tolonglah saudara-saudara kami yang terintimidasi dan terzalimi di Suriyah.

Ya Allah! Tolonglah saudara-saudara kami yang terintimidasi dan terzalimi di manapun mereka berada.

Ya Allah! Tolonglah mereka dengan pertolongan yang kokoh. Ya Allah! Tolonglah mereka dengan pertolongan yang kokoh.Ya Allah! Tolonglah mereka dengan pertolongan yang kokoh.

Ya Allah! Tolonglah para mujahid yang berjuang di jalan-Mu. Ya Allah! Tolonglah para mujahid yang berjuang di jalan-Mu.Ya Allah! Tolonglah para mujahid yang berjuang di jalan-Mu.

Ya Allah! Shalawat, salam, dan keberkahan semoga senantiasa Engkau limpahkan kepada hamba-Mu dan rasul-Mu, Muhammad dan semua sahabatnya


3. Doa Qunut Witir

Qunut Witir Pelaksanaannya berbeda dengan kedua qunut di atas yaitu hanya berada pada sepertengah akhir bulan ramadhan, ada yang mengatakan mulai tanggal 15 ada pula yang berpendapat mulai tanggal 16 ramadhan. Selain bulan tersebut tidak ada qunut witir sepengetahuan kami. Dan untuk bacaannya sendiri bolah sama dengan bacaan doa qunut sholat subuh di atas, apabila sholat witirnya di berjamaahkan maka cukup di baca oleh imam namun jika munfarid maka harus di bacakan sendiri.

Untuk bacaan qunut antara makmum dan imam tata cara yaitu apabila sholatnya di berjamaahkan maka tugas makmum cukup mengamininya saja, namun apabila sholatnya sendiri maka qunut harus di bacakan sendiri. Agar lebih paham lebih jauh maka silahkan pelajari semua yang bersangkutan dengan hukum bacaan doa qunut subuh nazilah pendek wajib atau sunnah rumi imam mp3 witir artinya latin sesuai sunnah pada bembahasan lain.