Tata cara Doa Niat Puasa Nisfu Bulan Sya'ban 2019 1440 H Berapa Hari

Tata cara Doa Niat Puasa Nisfu Bulan Sya'ban 2019 1440 H Berapa Hari - Nisfu sya'ban merupakan waktu di mana umat islam akan di pertemukan dengan momen istimewa dalam rangka meningkatkan bermacam amal ibadah salah satunya puasa. Yang di maksud dengan nisfu sya'ban di sini bukan malam tanggal 15 tetapi sepertengah awal bulan sya'ban di mana mereka kaum muslim di anjurkan memperbanyak puasa pada hari tersebut, tidak hanya bertujuan sebagai pemanasan untuk persiapan ramadhan tetapi juga memiliki keutamaan yang lebih istimewa.

Terdapat salah satu keterangan yang menjelaskan bahwa pada malam nisfu sya'ban rahmat allah swt akan turun ke bumi lalu mengampuni seluruh dosa umatnya terkecuali mereka yang sedang bertengkar dan menyekutukannya. Maka dari itu wajar saja apabila pada saat tersebut orang islam pada umumnya banyak mengamalkan berbagai amalan selain puasa senin kamis teutama adalah puasa nisfu syaban, karena mereka ingin ketika rahmat allah datang hati dan dirinya sedang ada dalam kebaikan.

Lalu kapan tepatnya waktu puasa nisfu sya'ban ini di lakukan, menurut pendapat yang masyhur adalah hingga tanggal 15 bulan sya'ban dan tidak di perbolehkan berpuasa sya'ban apabila sudah lewat tanggal tersebut terkecuali puasa tertentu misal nadzar, senin kamis, qadha dan yang lainnya. Meski memang ada yang berpendapat bahwa puasa sya'ban boleh di lakukan terus menerus meski sudah lewat tanggal 15 akan tetapi harus dengan ketetuan-ketentuan yang di syariatkan dalam hal tersebut.

Pengertian Keutamaan Tata Cara Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Berapa Hari

Kenapa puasa sya'ban hanya boleh di lakukan sepertengah awal bulan sya'ban saja, jawabannya karena setelah itu termasuk waktu syak atau di takutkan jika umat islam terus menerus melakukan puasa hingga lupa datangnya puasa bulan ramadhan yang di wajibkan, karena memang bulan sya'ban berada setelah rajab dan sebelum ramadhan. Silahkan cari lagi artikel yang berkitan dengan puasa sunnah ini, sebab banyak sekali pembahasan mengenai dalil hadits tentang puasa di bulan sya'ban yang tidak bisa di tulis kali ini.

Sementara terdapat salah satu manfaat dalam pelaksanaan puasa di bulan sya'ban, yaitu selain keutamaan pahala yang akan di dapat oleh orang yang senantiasa mengerjakannya juga puasa nisfu sya'ban ini bisa menjadi sebagai latihan atau pemanasan untuk melakukan puasa wajib yang akan datang beberapa hari lagi. Sehingga nanti apabila waktu bulan ramadhan datang tidak lagi merasa keberatan untuk berpuasa karena sudah terbiasa sebelumnya dalam menahan lapar dan dahaga.

Untuk niat puasa nisfu sya'ban sebenarnya tidak begitu jauh dengan puasa sunnah lainnya terutama waktu pembacaan niat tersebut yaitu harus di lakukan pada malam hari mulai dari setelah maghrib hingga sebelum datangnya waktu di mulainya berpuasa, boleh sebelum tidur atau sebelum dan ketika melakukan sahur. Namun sebaiknya niat ini di bacakan sejak malam hari, karena jika di akhirkan takut lupa membacanya sebab niat ini menjadi sebuah hal penting dalam beribadah termasuk puasa sunnah.

Pengertian Keutamaan Tata Cara Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Berapa Hari

Sebenarnya dalam pembahasan mengenai niat puasa nisfu sya ban sangat banyak sekali belum termasuk dallil dan pendapat dari 4 madzhab bagaimana kedudukannya, serta tanggal berapa puasa nisfu sya'ban tahun ini. Maka dari itu silahkan anda pelajari lagi lebih jauh seputar hal yang berkaitan dengan pengertian keutamaan tata cara niat puasa nisfu sya'ban 2019 berapa hari dan yang lainnya agar lebih memahami dan semakin yakin akan kesunnahan dari amalan tahunan yang satu ini.