Tata Cara Niat Bacaan Doa Sholat Jenazah Perempuan Laki-Laki Anak2

Sholat jenazah adalah salah satu aktivitas ibadah yang pasti akan pernah di lakukan oleh seseorang meskipun tidak setiap hari, karena tidak bisa di pungkiri bahwa mungkin besok atau lusa pasti akan ada saudara atau keluarga yang meninggal dunia, sehingga jika bukan orang terdekatnya yang mengurus hingga mensholatkan jenazahnya lalu siapa lagi. Terlebih jika melihat dari sisi hukum sholat jenazah termasuk pada kategori fardhu kifayah maksudnya sebuah kewajiban yang apabila tidak ada orang yang melaksanakannya maka semua yang ada di sana berdosa, namun dosa tersebut akan menjadi gugur apabila ada seseorang yang mengerjakannya.

Mengurus mayit atau jenazah ketika ada orang terdekat yang meninggal dunia maka diwajibkan kepada yang masih hidup untuk mengurusnya dengan tertib mulai dari memandikan, selanjutnya mengakafani, dan seelah itu mensholatkan sampai menguburkannya. Dalam hal ini bukanlah kewajiban yang hanya di tanggung oleh keluarganya saja akan tetapi semua orang islam yang ada di sekitarnya harus ikut serta dengan ikhlas mengurus jenazah tersebut, dalam arti di anjurkan bekerjasama saling menolong agar ketika nanti kita tiba pada waktunya ajal orang-orang akan suka rela mengurusnya.

Membahas seputar sholat jenazah, memang menjadi sebuah pemaparan yang cukup menarik karena selain bisa mengingatkan penulis kapada kematian, tetapi juga yang paling penting di karenakan sholat jenazah berbeda dengan yang lainnya baik itu dari sisi tata cara hingga bacaannya misal apabila tata cara atau doa sholat dhuha sama persisi dengan pada umumnya, akan tetapi pada sholat jenazah ini jauh berbeda, tidak ada uku, sujud, 'itidal hingga tidak akan menemukan tahiyat awal dan akhir, sebab orang yang mengerjakan sholat jenazah hanya cukup berdiri saja jika mampu sambil melakukan takhbir 4 kali yang di selangi bacaan doa di antaranya.

Tata Cara Niat Bacaan Doa Sholat Jenazah Perempuan Laki-Laki Anak2

Seingga dengan adanya perbedaan pada sholat jenazah, tidak heran apabila di lihat secara sekilas bisa di bilang cukup simpel dan sederhana serta waktu pelaksanaannya pun lebih singkat, akan tetapi justru banyak orang yang belum memahami bagaimana tata cra terlebih bacaannya. Mungkin di karenakan jarangnya melakukan sholat jenazah yang tidak selalu setiap hari di kerjakan serta karena tidak sama dengan pada umumnya. Maka dari itu kami di sini ingin mencoba memfasilitasi sebuah tuntunan atau panduan dari sholat jenazah agar bisa lebih cepat di fahami oleh siapa saja yang belum tahu namun ingin mengerjakannya.

Perlu di pahami dengan baik, bahwa sholat jenazah ini dalam bacaannya memiliki perbedaan lafadz antara sholat jenazah untuk mayit laki-laki (pria) dan untuk jenazah perempuan (wanita), bahkan perbedaan bacaan ini bukan hanya saja terjadi pada niat saja tetapi juga terdapat dalam bacaan doa takhbir ke 3 dan ke 4, termasuk apabila mayitnya 2 orang atau lebih banyak dari itu misalnya 3 dan seterusnya. Maka bagi yang ingin belajar memahami tentang sholat jenazah, tidak hanya sebatas memahami berapa jumlah takhbirnya saja, namun yang paling pening adalah bacaan-bacaannya mulai dari takhbir 1 hingga ke 4 bahkan termasuk doa setelahnya.

Untuk tata cara sholat jenazah seperti biasa di haruskan untuk di awali dengan bacaan niat yang cukup di hadirkan dalam hati saja ketiga melakukan takbirotul ikhram. Serta niat sholat jenazah laki-laki dan perempuan atau anak-anak berbeda bacaan, seperti bisa langsung simak dengan cermat di bawah ini yang akan coba kami tulis secara lengkap.

Niat Sholat Jenazah Laki-Laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا/إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa hadzal mayyiti arba'a takbirotin fardho kifayati ma'muuman/imaaman lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku niat sholat atas mayit Laki-Laki ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi makmum/imam karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Jenazah Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا/إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa hadihil mayyitait arba'a takbirotin fardho kifayati ma'muuman/imaaman lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku niat sholat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi makmum/imam karena Allah Ta’ala.

1. Membaca Niat sambil takhbirotul ikhram dan mengangkat kedua tangan selanjutnya membaca surat al-fatihah dari awal hingga selesai.

2. Takhbir Lagi di lanjut membaca sholawat nabi

3. Takhbir Lagi yang di lanjut dengan bacaan doa sebagai berikut

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Jenazah Perempuan Laki Laki Sesuai Sunnah

4. Selanutnya Takhbir Lagi Dan Membaca Doa

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Jenazah Perempuan Laki Laki Sesuai Sunnah

Memang dalam melakukan tata cara dan niat sholat jenazah bukanlah hal yang mudah meskipun di lakukan hanya sebentar saja, karena ada bacaan-bacaan yang berbeda antara jenazah pria dan wanita. Maka dari itu alangkah baiknya jika tidak hanya menguasai sampai di sini saja tetapi harus di pahami semua yang ada hubungannya dengan mebacaan doa tata cara niat sholat jenazah perempuan laki laki sesuai sunnah wanita takbir ke 4 latin beserta dalam bahasa arab pria bayi artinya masjidil haram dan lain sebagainya.