Tata Cara Bacaan Doa Niat Sholat Jamak Dan Qashar Takhir Taqdim Lengkap

Sholat jamak dan qashar adalah salah satu bukti rasa kasih sayang allah kepada hambanya berupa dispensasi atau penawaran kemurahan dalam beribadah dengan cara di kumpulkan dan di ringkas beberapa waktu sholat dalam satu waktu ketika berada dalam situasi yang memungkinkan hamba tersebut kelelahan. Akan tetapi untuk bisa memahami pembahasan yang satu ini harus benar-benar teliti apalagii bagi yang belum paham sebab lumayan bisa di bilang cukup remit berbeda dengan doa sholat dhuha atau sejenisnya yang tidak ada perbedaan dengan sholat sunnah lain.

Akan tetapi meskipun kewajiban tersebut mutlak adanya, ternyata dengan kemurahan allah swt kepada hambanya ada sebuah penawaran yang cukup meringankan ketika sesorang muslim berada dalam perjalanan yang cukup jauh jaraknya yaitu dengan cara jamak dan qashar. Namun kemurahan ini tidak bisa di lakukan begitu saja karena harus memenuhi beberapa syarat yang sudah di tentukan salah satunya status orang yang akan mengerjakannya sebagai musafir atau yang sedang berada dalam perjalanan, serta tata cara dan niat sholat jamak takhir taqdim harus di pahami betul terlebih dahulu, baru dia bisa mengerjakannya.

Pengertian sholat jama adalah menggabungkan dua waktu sholat dalam satu waktu baik itu untuk di jama taqdim atau takhir misalnya seperti mengerjakan sholat maghrib dengan isya di waktu isya atau sebaliknya dan mengerjakan sholat dhuhur dan ashar pada waktu ashar dan sebaliknya. Sedangkan yang di sebut dengan qashar yaitu meringkas jumlah rakaat yang tadinya 4 menjadi 2 serta shalat yang boleh di qashar di antaranya dhuhur, ashar dan isya.

Pengertian Jumlah Rakaat Niat Sholat Jama Dan Qashar Takhir Taqdim Dhuhur Ashar Maghrib Isya

Untuk bisa mengqashar sholat, maka harus memenuhi terlebih dahulu beberapa syarat seperti jarak tempuh jauhnya perjalanan harus 2 marhalah (16 farsakh / 48 mil), berapa apabila di hitung pada jumlah kilometer. Mengenai 2 marhalah para ulama berbeda pendapat mulai ada yang berpendapat 120 km, 94,5km, 89,40 km, 82,5 km, 81km, 80,640 km dan 90 km. Apabila seseorang sudah melakukan perjalanan sejauh jarak tersebut maka di perbolehkan untum mengqashar sholat.

Syarat lain yang harus di penuhi bagi orang yang akan mengerjakan jamak qashar yaitu memiliki tujuan dan bukan jenis perjalanan yang di haramkan atau bertujuan pada hal kemaksiatan serta tujuannya jelas. Yang sering menjadi pertanyaan bagaimana jika jarak tempuh apabila di hitung menurut kilometer sudah masuk pada syarat di atas namun di karenakan perjalanan memakai pesawat shingga waktu tempuh lebih singkat, dalam hal ini tetap bisa memilih mengqashar sholat karena yang di hitung jarak tempuhnya.

Selain waktu tempuh dengan menggunakan pesawat dan semisalnya, permasalahan dalam hal mengqashar sholat ini yang banyak di pertanyakan yaitu bagaimana jika sedang bertujuan untuk rekreasi atau bertamsya, seperti orang bandung memiliki tujuan perjalanan untuk rekreasi ke bali, maka dalam hal ini tidak di perkenankan untuk mengqashar sholat meski jika di hitung jarak tempu sangat jauh, karena tujuannya bukan dalam hal yang di syariatkan dan sekarang acara rekreasi sudah menjadi tren di masyarakat maka hal ini harus benar-benar di pahami.

Antara jamak dan qashar adalah 2 perkara yang berbeda tetapi jika sudah memenuhi syarat bisa menjadi satu artinya seseorang boleh menjamak saja tanpa qashar atau sebaliknya dan boleh juga mengabungkan antara jamak dan qashar apabila syarat di atas yaitu jarak tempuh telah memenuhi. Lalu bagaimana tata cara untuk melaksanakan sholat jamak dan qashar, sebenarnya dalam pelaksanaan sholat sama dengan yang lain cuma berbeda dalam bacaan niat saja, untuk selengkapnya mari sama-sama ulas di bawah ini agar bisa lebih di pahami.

Seperti yang telah di bahas pada paraghraf di atas bahwa dalam menjamak di bagi menjadi dua kategori yaitu takhir dan taqdim, dalam hal ini apabila seseorang akan melaksanakan jamak takhir serta qashar maka sholat dhuhur dan ashar misalnya di lakukan pada waktu ashar dengan masing-masing rakaat menjadi dua, dan begitu juga sebaliknya jika akan melakukan jama taqdim serta qashar. Lalu bagaimana dengan maghrib dan isya, untuk sholat maghrib tidak bisa di qashar karena jumlah rakaat tidak bisa di bagi 2 begitu juga dengan subuh tidak bisa dan isya-nya boleh di qashar menjadi 2 rakaat.

Niat Jama Taqdim Dan Qasar

Zuhur Dan Asar

أصلي فرض الظهر ركعتين قصرا مجموعا إليه العصر أداء لله تعالى

Usholli Fardhod dhuhri rak'ataini Qoshron Majmuu'an Ilaihil 'asri adaa an lillahi ta'aalaa

Ashar Ke Dhuhur

أصلي فرض العصر ركعتين قصرا مجموعا إلي الظهر أداء لله تعالى

Ushollai fardhol 'asri rak'ataini qosron majmuu'an ilad dhuhri adaa-an lillahi ta'aalaa

Maghrib dan Isyak

أصلي فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا إليه العشاء أداء لله تعالى

Usholli Fardhol maghribi salasa rak'atin majmuu-an ilaihil 'isyai adaa-an lillahi ta'aalaa

Isya Ke Maghrib

أصلي فرض العشاء ركعتين قصرا مجموعا إلي المغرب أداء لله تعالى

Usholli Fardhol isyai rak'ataini qosron majmuu'an ilal maghribi adaa-an lillahi ta'aalaa

Niat Jamak Takhir Dan Qasar

Ashar Dan Dhuhur

أصلي فرض العصر ركعتين قصرا مجموعا إليه الظهر أداء لله تعالى

Usholli fardhol 'ashri rak'ataini qosron majmuu'an ilaihild dhuhri adaa-an lillahi ta'aalaa

Dhuhur Ke Ashar

أصلي فرض الظهر ركعتين قصرا مجموعا إلي العصر أداء لله تعالى

Usholli Fardhod dhuhri Rak'ataini Qosron Majmuu'an Ilal'ashri adaa-an lillahi ta'alaa

Isyak Dan Maghrib

أصلي فرض العشاء ركعتين قصرا مجموعا إليه المغرب أداء لله تعالى

Usholli fardhol 'isyai rak'ataini qosron majmuu'an ilahil maghribi adaa-an lillahi ta'aalaa

Maghrib Ke Isya

أصلي فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا إلي العشاء أداء لله تعالى

Usholli fardol maghribi salasa rak'atin majmuu'an ilal 'isyai adaa-an lillahi ta'alaa

Sebelum di tutup ada sedikit hal yang harus di ketahui yaitu bagi orang yang mengqashar sholat maka tidak di perkenankan untuk bermakmum kepada orang yang sholatnya di sempurnakan. Itulah pembahasan dari sholat jamak secara di gabungkan mudah-mudahan bermanfaat dan bisa di amlakan dengan baik, sebenarnya masih banyak pembehasan yang mengenai sholat jamak qashar ini mka dari itu silah pelajari lebih jauh semua yang ada kaitannya dengan