Bacaan Doa Tahlil Dan Yasin Arwah Orang Yang Meninggal Lengkap Cara Tawasul

Tahlil atau dengan sebutan lain tahlilan adalah tradisi masyarakat indonesia yang sudah membudaya dari jaman dahulu dan hingga sekarang acara tahlilan ini masih di banyak di lakukan oleh umat islam bahkan sekarang tidak hanya di indonesia saja. Acara yasin dan tahlil di lakukan umumnya ketika ada salah seorang umat islam yang meninggal dunia serta di lakuakn selama 7 hari dan seterusnya, juga tahlilan ini di lakukan pada waktu-waktu tertentu seperti malam jum'at misalnya.

Memang jika melihat dari perbedaan pendapat, ada sebagian pemahaman yang tidak membolehkan pelaksanaan acara tahlilan dengan dalih bukan warisan agama islam atau menganggap tahlil ini tradisi non islam, bahkan yang lebih parah lagi ada yang sampai mengharamkan dan membid'ahkan tahlilan dengan dalih yang sama yaitu menyerupai non islam. Biarlah mereka mau menggap apapun namun yang nyata dalam acara tahlilah banyak sekali kebaikan dan telah di ajarkan sejak lama oleh para guru dan para kiyai terdahulu.

Pada halaman ini, admin tidak akan mengulas lebih jauh seputar hukum atau dalil mengenai tahlilan sebab bagaimana pun tentang hukum suatu pekerjaan atau ibadah alangkah baik jika langsung bertatap muka atau tanyakan pada ahli dan para kiyai. Karena meskipun di perjelas pada halaman jika orang yang membaca tidak suka dengan tahlilan, meskipun banyak di tulis dalil tetap mereka tidak akan menerimanya, jadi sebaiknya jika ingin jelas tanyakan pada ustadz yang ahli dalam hal tersebut.

Bacaan Doa Tahlil Dan Yasin Arwah Orang Yang Meninggal Lengkap Cara Tawasul

Tulisan ini hanya akan memberikan sebuah bacaan dan susunan dari tata cara bacaan doa tahlil, bagaimana dan apa saja yang harus di baca dalam pelaksanaan tahlil baik itu ketika ziarah kubur, tahlil orang yang meninggal, 7 hari, 40, 100 dan lain sebagainya. Sebelumnya perlu di ketahui bahwa tahlil ini yaitu beisi bacaan tahlil tahmid dan tasbih "la ilaha illallah, subhnallah dan walhamdulillah" serta bacaan lainnya dengan tujuan bertawasul memohon agar bacaan tersebut sampai pada rwah yang sudah meninggal.

Dalam praktek bacaan susunan tahlilan ini berbedabeda ada yang di mulai dengan bertawasul kepada nabi saw, keluarga baginda nabi, shabat nabi, para ulama tabiin, dan khusushan mayit, lalu membaca ayat kursi, surat al ikhlas, al falaq dan annas yang kemudia di tutup doa. Ada juga yang di lanjut dengan membaa surat yasin yang nanti di tutup lagi dengan doa. Dan untuk contoh bacaan tahlil
silahkan sima di bawah ini dengan baik.

Bacaan Tahlil Dan Tawasul

Doa Tahlil

Jika sudah selesai membacakan tawasul, tahlil dan doanya, maka bisa di lanjut dengan membaca surat yasin atau yasin bisa di baca juga sebelum membaca doa yang kemudian nanti di tutup dengan doa di akhir acara. Sengaja kami sajikan tahlil dan yasin di atas dalam bentuk gambar agar kalian yang membutuhkan bisa dengan mudah mendownload atau menyimpannya di perangkat masing-masing agar di suatu saat ketika di butuhkan lebih mudah mencarinya.

Itulah pembahasan sedikit mengenai tentang tahlil dan bacaan doanya, semoga saja meskipun hanya sekilas tidak lengkap dengan penjelasan seputar tahlil tetapi bisa beranfaat. SIlahkan cari kembali hal yang berkaitan dan masih ada hubungannya dengan lirik bacaan doa tahlil dan surat yasin arwah untuk orang yang meninggal lengkap cara mengirim tawasul dan lain sebagainya agar tidak salah dalam memahami tentang amalan ini.