Manfaat Tata cara Bacaan Doa Niat Sholat Sunnah Witir 1 Dan 3 Rakaat

Shalat witir menjadi salah satu shalat sunnah yang diunggulkan serta di anjurkan untuk selalu senantiasa di kerjakan oleh umat islam sebab di dalamnya memiliki manfaat dan keutamaan lebih. Dalam tata cara pelaksanaan sholat witir sendiri sebenarnya tidak di anjurkan untuk berjamaah terkecual pada bulan ramadhan yang biasa di kerjakan sesudah sholat tarawih selama sebulan penuh.

Arti dari witir sendiri yaitu ganjil sehingga jumlah rakaat yang ada pada sholat sunnah ini semua ganjil mulai dari minimal 1 rakaat, 3 hingga paling banyak 11 sebelas rakaat. Pada dasarnya kedudukan dari sholat witir ini sebagai penutup dari semua sholat sunnah malam seperti tahajud, istikharah hajat dan lain sebagainya kemudian di akhiri dengan witir sesuai jumlah rakaat dengan kemampuan masing-masing.

Dalam tata cara pelaksanaan dari sholat witir sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu jauh dengan sholat sunnah pada umumnya yaitu di awali niat sholat witi dan di akhiri salam kemudian di anjurkan untuk di tutup dengan doa setelah shalat witir. Cuma dalam hal pelaksanaan yaitu jika sholat witir tiga rakaat maka menjadi 2 kali salam yaitu sesudah rakaat kedua dan dan sesudah satu rakaat dan begitu juga seterusnya.

Manfaat Tata cara Bacaan Doa Niat Sholat Sunnah Witir 1 Dan 3 Rakaat

Pada tulisan ini kami sebagai admin tidak akan membahas terlalu jauh mengenai penjelasan dari sholat witir sebab jika ingin membicarakan mengenai hukum dan permasalahan witir secara tuntas maka harus menyediakan lapak khusus sebab penjelasan akan lebih panjang lagi. Di sini hanya akan tersedia bagaimana tata cara yang mencakup bacaan niatnya serta doa sesudah sholat witir secara lengkap yang bisa di simak langsung di bawah ini.

Tata Cara Sholat Witir

Bacaan Niat Shalat Witir

Dalam tata cara pelaksanaan sholat witir sama dengan sholat lainnya, namun ada sedikit yang perlu di pahami yaitu mengenai jumlah rakaatnya dan bagai pelaksanaan sholat witir 3 rakaat apakah lebih baik di 2 kali salam atau satu kali salam. Jumlah rakaat witir paling banyak 11 rakaat, adapun jika mengerjakan witir 3 rakaat maka lebih utama di jadikan 2 kali salam pertama 2 rakaat 1 kali salam dan yang kedua 1 rakaat lalu salam.

1. Niat dan Takbiratul ikhram

Dalam ibadah sholat niat termasuk rukun yang harus di penuhi, tempat untuk mengucapkan niat yaitu ketika takbiratul ikhram berlangsung, pelaksanaannya seperti mulut dengan suara agak keras mengucapkan lafadz allahu akhbar beserta kedua tangan di angkat dan di dalam hati secara bersamaan menghadirkan niat, untuk lafadz niatnya sendiri seperti yang ada di atas.

2. Untukk selanjutnya pelaksanaan sholat witir sama dengan pada umumnya hingga salam, adapun mengenai surat yang di bacakan sesudah fatihah lebih di anjurkan apabila witir 3 rakaat maka pada rakaat pertama dan kedua membaca surat Sabbih-isma Rabiika dan Al-Kafiruun sedangkan pada rakaat ketiga surat al-ikhlas, al-falaq dan annas.

3. Selanjutnya shalat witir di tutup dengan dengan bacaan doa yang di khususkan untuk shalat witir. Untuk doanya sendiri bisa langsung di simak di bawah ini.

Doa Shalat Witir

Itulah sekilas mengenai shalat witir tata cara bacaan manfaat dan jumlah rakaatnya, semoga tulisan ini meskipun hanya sedikit tetapi bisa memberi manfaat besar. Bagi yang belum paham tentang shalat witir maka silahkan pelajari lebih jauh ibadah sunnah yang satu ini sebab menfaatnya cukup luar biasa serta termasuk pada shalat sunnah yang di anjurkan pelaksanaannya, mohon maaf dari kami jika banyak kekurangan.