Tata Cara Doa Sesudah Bacaan Niat Sholat Tarawih Dan Jumlah Rakaat

Ketika akan menjalankan sholat tarawih ada kalanya seseorang lupa bagaimana bacaan niat atau doa hingga tata cara lengkap dalam pelaksanaannya. Maklum saja karena ibadah sunnah malam bulan ramadhan ini hanya di lakukan setahun sekali yaitu selama puasa ramadhan, tidak menutup kemungkinan jika ada saudara di sana yang lupa lagi bagaimana dengan pelaksanaan dan bacaannya apalagi anak muda yang baru belajar dalam tata cara ibadah sholat.

Sebelumnya perlu di ingat terlebih dahulu bahwa sholat tarawih ini hukumnya sunnah yang lebih di anjurkan untuk di kerjakan dan di berjamaahkan, meski bisa juga di lakukan sendiri atau munfarid apabila sedang ada halangan dan tidak bisa mengikuti tarawih berjamaah. Bahkan pahala atau fadilah dari tarawih ini sangat besar sekali dan bisa menjadi penyempurna amalan di bulan ramadhan, maka di beri hukum sunnah yang di utamakan.

Selain itu juga sholat tarawih ini memiliki manfaat yang tinggi baik dari sisi ibadah atau kehidupan seperti dengan selalu melaksanakan ibadah tarawih berjamaah maka persatuan dan kesatuan umat islam akan lebih terlihat sehingga bisa menjadi bukti dari syiar agama, serta bisa lebih mempererat tali silaturahmi sebab orang yang rutin berjamaah tarawih akan selalu bersapa dengan yang lainnya dan minimal dia berjumpa.

Tata Cara Doa Sesudah Bacaan Niat Sholat Tarawih Dan Jumlah Rakaat

Dari sisi lain manfaat sholat tarawih juga untuk menghindari lupa akan baca niat puasa sebagai salah satu rukun yang tidak boleh di tinggalkan, karena biasanya saat selesai atau sesudah tarawih imam meminpin atau mengingatkan dan mengajak para jamaah untuk membaca niat puasa ramadhan, coba jika tidak sholat tarawih maka niat pun tidak menutup kemungkinan akan lupa untuk di baca. Selain itu juga banyak sekali manfaat dari tarawih ini.

Tata Cara Sholat Tarawih

Dalam Pelaksanaan sholat tarawih sebenarnya sama dengan sholat pada umumnya yaitu di awali dengan niat ketika takbiratul ikhram dan di akhiri salam setiap 2 rakaat. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah rakaatnya yang di lakukan lebih banyak ada yang melaksanakan 20 rakaat dengan di tambah witir 3 rakaat menjadi jumlahnya 23, dan ada juga yang 8 di tambah witir 3 menjadi 11. Namun menurut pandangan kami sholat tarawih yang lebih shahih di lakukan 20 rakaat atau 23 beserta witir

1 Niat Sholat Tarawih

Niat Sholat Tarawih

Mengenai nita dalam sholat tarawih ini sama seperti biasanya pelaksanaan pada umumnya sholat yaitu di bacakan atau dengan kata lain di ucapkan/dihadirkan dalam hati bersamaan dengan takhbiratul ikhram. Berarti jika melaksanakan tarawih 20 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat 1 kali salam, membaca niat sebanyak 10 kali, dan begitu juga untuk sholat witir serta sunnah atau sholat wajib lainnya.

2. Takhbiratul ikhram

Membaca Lafadz "allahu Akhbar"

3. Sunnah membaca Iftitah

4. Fatihah

Mambaca Salah Satu Surat Atau dari al-qur'an baik itu yang memiliki ayat panjang atau pendek

5. Ruku sambil membaca bacaannya seperti pada sholat umumnya

6. Dilanjut berdiri dari ruku atau "'itidal"

7. Sujud Sambil membaca bacaannya

8. Lalu Duduk Yang di beri nama duduk si antara 2 sujud

9. Sujud Lagi

10. Berdiri untuk melakukan rakaat ke 2 yang nanti di tutup dengan duduk tahiyat lalu salam.

Lakukan tata cara di atas secara berulang hingga jumlah rakaat sholat tarawih selesai yaitu sebanyak 20 rakaat atau 10 kali salam. Jika sudah selesai baru nanti di tutup dengan doa sesudah setelah sholat tarawih atau dengan nama lain doa kamilin. Berikut bacaannya.

Doa Sesudah Sholat Tarawih

Jika sudah selesai berdoa bersiap-siap untuk mengerjakan sholat witir yang nanti akan kita bahas pada halaman lain secara khsusus tentang sholat sunnah witir ini. Dan biasanya sebelum berdiri untuk witir ada komando dulu dari bilal dengan bacaan khususnya. Nah itulah sedikit dari pemmbahasan mengenai shoat tarawih serta semua yang berkaitan dengan tata cara doa sesudah bacaan niat sholat tarawih dan jumlah rakaat baik berjamaah atau sendiri.