Adab Tata Cara Bacaan Doa Niat Sholat Sunnah Ied Idul Fitri Lengkap

Datangnya hari raya idul fitri adalah menjadi momen paling berbahagia bagi seluruh umat islam, karena waktu tersebut tidak hanya menjadi sebagai hari raya besar yang hanya datang satu kali dalam setahun serta adanya pelaksanaan sholat idul fitri akan tetapi hakikatnya di dalamnya memiliki keutammaan yang besar di mana tidak hanya menjadi keunggulan dalam amalan tetapi setiap diri dan jiwa manusia kembali pada kesucian putih bersih dari dosa laksana bayi baru di lahirkan.

Kegembiraan yang di rasakan umat islam saat kedatangan hari raya idul fitri, di gambarkan dengan adanya rasa syukur kepada sang maha kuasa alla swt yang di ekspresikan melalui lantunan bacaan takbir mulai dari malam hari hingga siang harinya sampai menjelang datangnya waktu sholat ied, bahkan lantunan takbir ini di ucapkan hingga beberapa hari kedepan setiap setelah sholat lima waktu.

Memang jika membicarakan mengenai kebesaran termasuk keunggulan dari idul fitri sudah tidak perlu di ragukan lagi, namun di sisi lain selain bergembira harus di ingat juga pada waktu idul fitri ini ada beberapa amalan yang harus di penuhi salah satunya sholat idul fitri, meskipun sholat ini hukumnya sunnah, namun kedudukan dari sunnah sholat idul fitri sangat di anjurkan dan harus di penuhi oleh setiap perorangan yang sudah dewasa.

Adab Tata Cara Bacaan Doa Niat Sholat Sunnah Ied Idul Fitri Lengkap

Bagi orang yang paham akan agama, mengenai sholat idul fitri ini sudah pasti tidak perlu belajar lagi, akan tetapi nyatanya banyak orang yang sekarang ini sama sekali belum memahami betul bagaimana palaksanaannya termasuk juga bacaan dalam sholat tersebut. Maka halaman ini akan menjadi fasilitas terbaik untuk di pelajari oleh mereka yang secara singkat ingin belajar tentang ibadah ini lebih jauh.

Adab Sebelum melaksanakan Sholat Idul Fitri

1. Melaksanakan Sunnah Atau Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri

2. Makan Terlebih Dahulu Sebelum Berangkat.

3. Berpakaian Rapi Dan Bersih, Usahakan Jika Ada Memakai Pakaian Putih

4. Wajib Berwudhu Sebelum Sholat

Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Fitri

Untuk melaksanakan sholat idul fitri, pertama yang harus di lakukan adalah berdiri tegak menghadap ke kiblat baik itu untuk imam atau makmum. Lalu rapihkan shaf hingga rapi dan tumit kaki makmum yang satu dengan yang lainnya tempelkan agar benar-benar shaf rapi, setelah itu baru mulai melaksanakan sholat idul fitri yang di pimpin langsung oleh seorang imam dengan melakukan takhbiratull ikhram sambil membaca niat yang langsung di ikuti pada jemaah semuanya, berikut bacaannya.

1. Bacaan Niat Untuk Imam Dan Makmum

Niat Sholat Idul Fitri

2. Selanjutnya jika sudah selesai takbiratul ikhram serta membaca niat di lanjut dengan membaca doa iftitah seperti yang di baca pada sholat yang lain.

3. Jika sudah selesai membaca doa iftitah di lanjut membaca tasbih sebagaimana bacaannya yaitu :

Bacaan Tasbih Idul Fitri

4. Jika bacaan tasbih sudah selesai kedua tangan di angkat setinggi bahu seperti yang di lakukan ketika takbiratul ikhram sambil membaca lafadz "Allahu akhbar".

5. Lalu tangan bersedekap sambil membaca tasbih, (bacaannya yang di atas) lalu kemudian lakukan hal sama hingga tujuh kali (7x) takbiran.

6. Sesudah selesai melakukan tujuh kali takbiran di lanjut membaca surat Al-Fatihah dan kemudian membaca surat tertentu dari al-qur'an bagi imam, untuk makmum cukup al-fatihah saja.

7. Dilanjut ruku, berdiri dari ruku ('itidal), sujud, duduk di antara sujud dua, sujud lagi dan kemudian berdiri untuk melakukan rakaat ke 2.

8. Berdiri untuk melakukan rakaat kedua sambil membaca takbir dan kemudia di lanjut membaca tasbih dengan posisi tangan bersedekap, di lanjut takbir lagi sambil mengangkat kedua tangan, lalu tangan bersedekap lagi sambil membaca tasbih. Lakukan hal sama sebanyak lima kali (5x) takhbiran.

9. Apabila sudah selesai melakukan takbir 5 kali di lanjut dengan membaca fatihah dan surat bagi imam, makmum cukup fatihah saja, kemudian ruku, berdiri dari ruku, sujud, duduk di antara 2 sujud, sujud lagi dan duduk untuk melakukan tahiyat akhir sambil membaca doa tasyahud, lalu salam 2 kali sambil menengok kanan dan kiri.

Sampai di sini maka sholat idul fitri sudah selesai di lakukan, selanjutnya para jemaah duduk sambl diam berkonsentrasi dengan khusu untuk mendengarkan khutbah yang di lakukan oleh seorang khatib yang sudah di tugaskan, denganrkan khutbah hingga selesai. Setelah itu jika sudah selesai maka jamaah membukarkan diri sambil bersalaman atau mushafahah.

Pembahasan bisa kalian pelajari dengan cermat hingga paham agar nanti ketika tiba waktu pelaksanaan sholat idul fitri tidak merasa canggung lagi dalam melaksanakan semuanya dengan tertib. Sebenarnya mengenai sholat idul fitr masih banyak hal lain yang perlu di pahami tidak hanya cukup sampai di sini saja, maka dari itu silahkan pelajari lebih lanjut apa saja yang berhubungan dengan rangkaian adab tata cara bacaan doa niat sholat sunnah ied idul fitri lengkap berapa rakaat dan artinya.