Kumpulan Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Rodhitubillah

Salam sejahtera kepada para pembaca semua, semoga kalian selalu berada dalam lindungan allah swt, selalu di berikan kesehatan, kekuatan untuk beribadah dan dan menjalankan aktivitas harian serta di berkahkan dalam hal rezeki. Kami sebagai admin dari NUMUDA tidak akan pernah berhenti memberikan kajian-kajian mengenai doa-doa dan tata cara sholat serta niat puasa, seperti pada halaman sebelumnya pernah juga di bahas doa untuk suami dan beberapa amalan sunnah lainnya.

Pada kesempatan kali ini yang akan coba kami tulis yiatu seputar doa sebelum belajar serta sesudahnya, mungkin bacaan ini akan sangat penting untuk di pelajari oleh anak-anak yang masih berada di sekolah atau pengajian, meski pada dasarnya orang tuapun tidak boleh menyepelekannya. Sebab hanya oleh orang tualah doa belajar ini nantinya akan di ajarkan kepada anak-anak sehingga mereka tahu dan mengamalkannya setiap hari.

Harus kiranya dapat di pahami bersaa bahwa segala rencana dan semua yang di kerjakan atau di usahakan oleh seorang manusia belum tentu berhasil, sebab keberhasilan dan kesuksesan hakikatnya di tentukan oleh allah swt. Jika allah mengizikkan hambanya sukses, maka tidak akan ada halangan sebesar apapun yang dapat menghalanginya dan begitu juga sebaliknya, maka di sinilah peran dari doa sebagai sarana untuk memohon kepada sang maha kuasa agar apa yang sedang di kerjakan mendapat hasil di sertai keberkahan.

Kumpulan Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Rodhitubillah

Tugas manusia hanya bekerja, berusaha dan berdoa begitu juga saat belajar maka selain harus serius menanggapi pelajaran, lalu menghapalnya jangan lupa juga berdoa terutama sebelum dan sesuudah belajar. Memohon kepada sang maha kuasa agar kita mendapatkan ilmu banyak dan bermanfaat sehingga nantinya dengan ilmu tersebut tidak hanya akan mampu memberikan keberkahan hidup untuk diri dan keluarga, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat luas, dan untuk para orang tua jangan sampai lupa memberi tahu anaknya untuk mengahafal doa ini.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.waj'alnii minash-shoolihiin.

Artinya : Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin, Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu, Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam, Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya, Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Itulah ulasan kali ini mengenai doa sebelum belajar dalam agama islam beserta doa sesudah belajar lengkap dalam bahasa arab latin dan juga artinya serta terjemahannya, bagi yang belum hafal dengan bacaan ini maka silahkan hafalkan hingga faham agar nanti bisa lebih mudah di amalkan. Untuk mengetahui mengenai doa lain, silahkan cari lagi di website ini karena secara lengkap kami bahas semuanya agar menjadi pengetahuan bagi kalian semua.