Ucapan Kirim Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Dunia Almarhum

Ucapan Kirim Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Dunia Almarhum - Setiap insan yang hidup pasti akan mengalami kematian entah itu orang kaya, miskin, bayi, anak kecil, orang tua pasti seuatu hari nanti di pertemukan dengan yang namanya meninggal dunia. Sampai saat ini belum pernah mendengar ada seseorang yang bisa kekal abadi hidup di alam dunia ini, meskipun dia di ceritakan paling kuat dan hebat, memiliki kesaktian tiada banding tetap saja mati menjemputnya.

Jika berbicara mengenai kematian memang sedikit merinding dan menakutkan, rasanya setiap orang tidak mau bertemu dengan hal tersebut, tapi apa mau di kata semuanya pasti bertemu Dan harus di sadari bahwa sekarang ini kematian sedang membuntiti kita. Keluar dari pembahasan mengenai kematian, ternyata bagi seorang muslim ada yang lebih penting di lakukan ketika saudara, keluarga atau tetangga juga orang tua meninggal dunia, setidaknya empat hal yang wajib di penuhi yaitu memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan.

Tetapi selain 4 kewajiban tersebut masih banyak hal yang semestinya umat islam lakukan ketika ada keluarga atau tetangganya meninggal dunia yaitu mendoakan dia agar di alam sana di tempatkan pada tempat yang di rihoi allah swt serta di terima amal ibadahnya selama di dunia. Inilah yang akan kita bahas pada halaman ini mengenai bagaimana bacaan doa untuk orang meninggal, sebagaimana pada halaman lain kami juga pernah menulis beberapa doa seperti doa sebelum belajar dan yang lainnya.


Sebenarnya dalam mendoakan orang yang meninggal dunia boleh dengan berbagai cara dan juga bahasa asal ucapan yang di keluarkan beisikan hal-hal yang baik misalnya seperti "ya allah semoga si fulan di terima iman islamnya, di lapangkan kuburnya serta termasuk ahli surga" jika memang doa khusus untuk orang meninggal belum atau tidak hafal. Tetapi dalam berdoa lebih utama menggunakan doa dalam bahasa arab serta dapat mengerti arti dan tujuan dari doa tersebut, seperti halnya yang tertulis di bawah ini.

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkholahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqihi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wazaujan khoiron min zaojihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqobri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari. Alloohummaghfir lihayyinaa wamayyitinaa wasyaahidinaa waghooibinaa washoghiironaa wakabiironaa wadzakarinaa wauntsaana. Alloohumma man ahyaitahu minnaa fa ahyihi ‘alal islaami waman tawaffaitahu minnaa fatawaffahu ‘alal iimaani. Alloohumma laa tahrimnaa ajrohu walaa tudhillanaa ba’dahu birohmatika yaa arhamar roohimiina. Walhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin.

Artinya : Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah orang tua yang kami sayangi. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. serta muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka. Ya Allah berikanlah ampunan, bagi kami yang masih hidup dan orang tua kami yang telah meninggal dunia yang telah mendahului kami, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, Ya Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman.Dan matikan juga kami dalam keadaan iman, Ya Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal orang tua kami serta dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan yang maha belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Mengingat bacaan dari doa untuk orang meninggal ini akan sangat di butuhkan, mengingat tidak menutup kemungkinan ada saudara yang lebih dulu meninggalkan kita, agar bisa mendoakan mereka maka silahkan hafal dengan baik semua bacaan di atas, serta pelajari lagi semua hal yang berhubungan dengan ucapan kirim doa untuk orang yang sudah meninggal dunia almarhum dan lain sebagainya.