Bacaan Doa Sebelum Sesudah Wudhu Shahih Yang Benar Lengkap

Bacaan Doa Sebelum Sesudah Wudhu Shahih Yang Benar Lengkap - Wudhu adalah sebuah amalan yang memiliki peran sangat penting dalam beribadah, bahkan kedudukan wudhu ini menjadi pokok utama dalam sholat fardhu yang menentukan syah atau tidaknya shlat yang akan di kerjakan baik itu yang memiliki hukum wajib atau sunnah salah satu contoh ketika akan melakukan sholat jamak atau sejanisnya. Melihat kedudukan berwudhu yang sangat penting maka sudah pasti sangat di anjurkan kepada setiap muslim memahami bagaimana tata cara wudhu yang baik dan benar.

Memahami wudhu yang benar tentu tidak sebatas hanya mengenal apa saja yang di lakukan dalam berwudhu tetapi juga harus mengetahui dengan baik apa saja syarat dan rukun wajib dalam berwydhu termasuk juga bagaimana ukuran air yang syah untuk di pakai berwudhu dan anggota yang harus di basuk. Lebih lanjut lagi tidak hanya sampai di sana tetapi juga apa saja kesunnahan yang mesti di kerjakan dalam berwudhu, sebab amalan ini sama dengan amalan lain yaitu ada syarat ruun wajib dan kesunnahannya.

Kedua paragraf tulisan di atas setidaknya mengingatkan kita bahwa wudhu ini termasuk amalan yang sangat penting serta menjadi penentu dalam sebagian besar ibadah terutama sholat wajib dan sunnah, tetapi kami di sini tidak lebih luas mengurai hal tersebut sebab ada halaman khusus yang telah kami sajikan dan dan berisi penjelasan mengenai wudhu dengan lengkap. Silahkan kalian cari pada halaman lain agar bisa mengenal tata cara serta bacaan doa-doa niat wudhu yang benar-benar baik sesuai tuntunan beribadah.

Bacaan Doa Sebelum Sesudah Wudhu Shahih Yang Benar Lengkap

Sedangkan mengenai doa sebelum dan sesudah wudhu sendiri sebenarnya bukan suatu kewajiban yang harus mengiringi setiap wudhu, tetapi sesuai dengan yang di ajarkan oleh baginda nabi serta para guru dan juga kiyai, bahwa alangakah baik jika suatu amalan selalu di iringi dengan doa baik itu sebelum atau sesudahnya. Begitu juga dengan wudhu maka sangat baik dan akan mendapat kebaikan jika selalu di iringi dengan berdoa, untuk doanya sendiri bisa langsung kalian simak dengan baik di bawah ini serta jika ada yang belum paham silahkan untuk di hafalkan.

Doa Sebelum Wudhu

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَ هذَاالْمَآءَ طَهُوْرًا رَبِّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَعُوْذُبِكَ رَبِّ اَنْ يَحْضُرُوْنِ

Al Hamdulillaahil Ladzii Ja'ala Haadzal Maa-A Thohuuroo Robbi Innii A'uudzubika Min Hamazaatisy Syayaathiini Wa A'uudzubika Robbi Ayyahdluruuni.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci dan menyucikan. Ya Allah, aku mohon berilndung kepada Mu dari godaan syaiton dan aku mohon perlindungan-Mu dari godaan syaiton yang akan datang.

Doa Sesudah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriina

Artinya : Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)

Itulah untuk pembahasan kali ini mengenai doa sesudah wudhu dan sebelumnya yang dapat kalian lihat lalu pelajari serta amalkan pada waktunya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberikan pencerahan kepada mereka yang belum mengetahui sputar permaslahan ini, jangan lupa untuk mempelajari semua yang berkaitan dengan bacaan doa sebelum sesudah wudhu shahih yang benar lengkap tata cara niat syarat rukun, doa-doa dalam wudhu, dan lain sebagainya.