Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya

Advertisement
Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya - Melakukan hal yang baik hendaknya selalu didahului dengan Doa dan niat, tidak ada sesuatu yang bermanfaat kecuali didahului dengan niat dan doa yang baik. Sebab segala sesuatu yang telah di niatkan walaupun kita tidak melakukannya namuan kita sudah mendapatkan satu kebaikan yang dinilai ibadah oleh Allah SWT, oleh sebab itu Niatkanlah perbuatan baik dengan niat yang baik pula. Sebab selauin ikhtiar / usaha doa adalah kunci dari sebuah sebuah kesuksesan yang kita lakukan.

Dengan penghambaan dan Doa 99Mujizat Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya -Hijiz Doa yang tulus iklas sesuai dengan firmah Allah SWT dibawah ini:

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.(QS. Al Baqarah: 186)

Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya

Do’a ibadah adalah memohon 99Mujizat Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya -Hijiz Doa pahala dengan beramal shalih. Seperti mengucap dua kalimat syahadat dan melaksanakan tuntunan-tuntunan dua kalimat syahadat tersebut, shalat, puasa, zakat, haji, menyembelih sembelihan dan bernadzar karena Allah. Di antara ibadah yang disebut ini ada yang tergolong do’a dengan perkataan dan perbuatan seperti shalat. Barangsiapa telah melaksanakan ibadah ini dan ibadah lainnya, maka berarti ia telah berdo’a kepada Allah dan memohon ampunan-Nya dengan perbuatannya itu.

Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

Kesimpulannya 99Mujizat Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya -Hijiz Doa, ia beribadah kepada Allah karena mengharap pahala dan takut akan azabNya. Jenis do’a seperti ini tidak boleh ditujukan untuk selain Allah. Barangsiapa yang melakukan sebagian dari ibadah ini untuk selain Allah, sungguh ia telah menjadi kafir, yaitu telah keluar dari agama Allah dan termasuk golongan yang disebut dalam FirmanNya,

Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya - Doa dan niat merupakan dua hal yang penting untuk di perhatikan dalam segala aktivitas, sebab bisa menentukan berkah atau tidaknya suatu pekerjaan. Ketika seseorang melakukan sesuatu yang mana sebelum dan sesudahnya di sertai dengan doa dan niat, maka bisa di pastikan pekerjaan tersebut akan bertambah berkah, asal apa yang di lakukannya di halalkan.

Begitu juga dalam berbuka puasa dan makan sahur di bulan ramadhan, yang mana hal tersebut bukan hanya berupa makan semata tetapi di dalamnya mengandung suatu ibadah, sehingga alangkah baiknya jika kita memulainya dengan membacakan doa, agar makanan dan apa yang kita makan mendapatkan suatu keberkahan, serta ini termasuk adab-adaban yang baik di dalam agama islam.

Lalu bagaimana bacaan do'a niat berbuka puasa dan makan sahur tersebut, hal itu nanti akan kita bahas di bawah, yang pastinya bisa kita amalkan dengan baik ketika mau berbuka puasa. Sebenarnya kami yakin orang-rang sudah banyak yang tahu tentang bacaan ini, namun kami berpikir, kemungkinan di antara kita ada yang lupa atau belum tahu, bagaimana doa berbuka serta sahur yang sebenarnya, untuk itu silahkan di hapal dengan sebaik mungkin agar bisa di amalkan.

Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya
Berikut kami tulis dengan lengkap bacaan doanya baik dalam tulisan bahasa arab, latin arti (terjemahannya) agar kalian yang belum tahu bisa mudah menghafal serta tahu artinya.

Do'a Niat Puasa Bulan Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syarri rmadhoona hadzihis sanati lillahi ta 'alaa

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Doa Berbuka puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'ala rizqika afthortu birohmatikaa yaa arhamar-roohimiin

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa Makan Sahur

Sebelum kita malakukan sahur jangan lupa membaca niat puasa terlebih dahulu seperti yang di tulis di atas untuk bacaannya, namun jika malamnya sudah di baca maka tidak di baca lagi. Sebenarnya dalam makan sahur kami belum menemukan doa yang di khususkan, baik itu sebelum atau sesudahnya, namun yang selama ini banyak di amalkan ketika akan makan sahur, selain membaca niat puasa seperti yang di atas juga membaca doa sebelum makan yang biasa sehari hari kebanyakan orang amalkan, yang bacaannya yaitu :

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Allohumma baarik lanaa fiimaa rojaqtanaa waqinaa 'adzaaban naar

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Sesudahnya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
Alhamdu lillahil ladzii at'amanaa wasaqoonaa waja'alanaa muslimiin

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Itulah Pembahasan doa berbuka puasa semoga kita semua bisa mengamalkan sebaik mungkin, mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala ke hilafan serta kekurangannya, mudah-mudahan ini menjadi suatu pengetahuan bagi kita semua. Related Posts
Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya

Title atau judul Artikel : 99Mujizat Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya -Hijiz Doa

Semoga artikel 99Mujizat Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya -Hijiz Doa dapat menjadi nilai manfaat bagi kita semua,dan jika memang bagus dan berkesan alangkah baiknya untuk share artikel ini di Facebook/ Social media anda yang lain.

Ingatlah pula bahwa do’a adalah sebab utama agar seseorang bisa meraih impian dan harapannya. Sehingga janganlah merasa putus asa dalam berdo’a. Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata,

Do’a adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari hal yang tidak ia sukai dan sebab utama meraih hal yang diinginkan. Akan tetapi pengaruh do’a pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang do’anya berpengaruh begitu lemah karena sebab dirinya sendiri. Boleh jadi do’a itu adalah do’a yang tidak Allah sukai karena melampaui batas. Boleh jadi do’a tersebut berpengaruh lemah karena hati hamba tersebut yang lemah dan tidak menghadirkan hatinya kala berdo’a. … Boleh jadi pula karena adanya penghalang terkabulnya do’a dalam dirinya seperti makan makanan haram, noda dosa dalam hatinya, hati yang selalu lalai, nafsu syahwat yang menggejolak dan hati yang penuh kesia-siaan.” (Al Jawaabul Kaafi)

Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
Serta segala hal yang salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada orang terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.

Advertisement