Malam Nisfu Bulan Sya'ban 2019 1440 H Jatuh Pada Tanggal Berapa Hari

Malam Nisfu Bulan Sya'ban 2019 1440 H jatuh Pada Tanggal Berapa Hari - Perbedaan tanggal antara penanggalan masehi dan hijriyah membuat sebagian masyarakat tidak mengetahuikapan waktu istimewa dalam islam yang harus di isi amal ibadah seperti halnya malam nisfu sya'ban. Umumnya masyarakat indonesia populer menggunakan tahun masehi sebagai kalender resmi yang di gunakan secara nasional, penaggalan tersebut tidak berlaku untuk waktu-waktu dalam agama islam, sebab umat islam apabila akan melakukan ibadah yang memiliki waktu tertentu harus mengikuti tanggal hijriyah.

Memang benar bahwa kalender islam juga di sebarkan oleh pemerintah, namun nyatanya tidak seluruh masyarakat bisa memiliki kalender tersebut. Sehingga mereka ketika ingin mengetahui tanggal hijriyah dalam waktu tertentu harus bertanya-tanya pada orang lain atau mendengarkan kabar. Oleh sebab itu kami bertujuan di sini memberikan informasi penting yang berkaitan dengan jatuhnya malam nisfu sya'ban yang penting di ketahui karena termasuk waktu yang di unggulkan dalam islam.

Melihat dari kalender hijriyah yang sudah beredar di masyarakat serta beberapa sumber perhitungan hasil hisab maka Tanggal 1 Sya'ban 1440 h jatuh pada hari minggu 7 April 2019, sedangkan untuk Malam Nisfu Bulan Sya'ban 1440 H Jatuh Pada Hari Minggu Tanggal 21 April 2019. Berarti yang berencana ingin mengisi malam nisfu sya'ban dengan amalan doa, atau sholat sunnah dan beberapa amalan malam nisfu sya'ban lainnya bisa di laksanakan pada malam minggu 21 april.

Malam Nisfu Sya'ban

Malam nisfu sya'ban termasuk momen yang di unggulkan di banding dengan malam-malam lainnya sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadits, Shahih Ibnu Hibban. Allah SWT memperhatikan makhluk-Nya pada malam nisfu Sya’ban dan mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang kafir dan orang yang bermusuhan. Menurut sebagian ulama hadits tentang keutamaan nisfu sya'ban adalah dhaif tetapi bukan berarti ke dhaifan hadits tersebut lantas menghalangi penyambutan malam tersebut dengan di isi oleh serangkaian ibadah apalagi di perbolehkan mengamalkan hadits dhaif untuk Fadhail a’mal.

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya : Rahmat Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian/kemunafikan (HR Al-Baihaqi).

Nelihat cukup istimewanya nisfu sya'ban tersebut maka mari sama-sama sambut kedatangannya dengan di isi oleh beragam ibadah di mana ada beberapa amalan yang setidaknya harus selalu mengisi setiap malam nisfu syaban di antaranya berdoa, sholat nisfu sya'ban atau sholat tasbih, membaca surat yasin, sholawat dan yang lainnya. Serta jangan lupa untuk puasa sunnah pada bulan sya'ban ini minimal mulai dari tanggal 1 hingg 15 bulan sya'ban.

Banyak sekali pembahasan yang berkaitan dengan malam nisfu sya'ban termasuk juga keutamaan, amalan dan hukumnya. Semua ringkasan yang berhubungan telah kami ringkas dengan lengkap pada halaman lain yang tinggal langsung di cari jika ingin mengetahui bagai mana kedudukan dari nisfu sya'ban ini. Serta pelajari hingga paham semua yang berkaitan dengan kata doa anjuran malam nisfu bulan sya'ban adalah 2019 1440 h jatuh pada tanggal berapa hari baca yasin 3x menurut sunnah.