Tata Cara Doa Niat Bacaan Sholat Tasbih Manfaat Dan Waktunya

Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang banyak di anjurkan oleh para ulama karena memiliki keutamaan dan manfaa yang sangat besar, di mana dengan sholat tasbih ini bisa menghapus banyak dosa. Di namakan sholat tasbih sebab selama pelaksanaannya banyak membaca tasbih setidaknya dalam satu rakaat dibacakan tasbih sebanyak 74 kali. Memiliki hukum sebagai sunnah maka ibadah ini harus senantiasa di lakukan oleh setiap umat islam setidaknya 1 kali dalam seumur hidup, namun lebih baik jika sering melakukannya terutama pada bulan ramadhan dan malam nisfu sya'ban serta waktu lainnya.

Berbeda kedudukan dengan sholat jamak sebagai kemudahan pelaksanaan sholat wajib ketika berada di dalam perjalanan, untuk waktu sholat sunnah tasbih ini boleh di lakukan kapan saja baik siang atau malam hari selama tidak pada waktu yang telah di haramkan untuk sholat seperti saat matahari terbit, sesudah melaksanakan sholat subuh hingga terbitnya matahari, saat mataharisedang kekuning-kuningan sampai dengan tenggelam, sesudah sholat ashar hingga tenggelamnya mentari serta saat istiwa hingga tergelincirnya matahari terkecuali hari Jum’at, selain saat tersebut boleh untuk pelaksanaan sholat.

Sebagian umat islam di luar sana masih ada saja yang mempertanyakan mengenai bagaimana prihal tata cara dan bacaan niat sholat tasbih, entah itu mereka benar tidak tahu sama sekali atau karena memang tuntunan pelaksanaannya berbeda dengan sholat sunnah yang biasa di lakukan. Memang harus di akui bahwa dalam ibadah ini agak sedikit berbeda dengan pada umumnya yaitu adanya bacaan tasbih yang harus di perhatikan jumlah tiap rakaatnya serta dimana saja pembacaan tasbih tersebut, sebab dalam sholat sunnah ini, adanya bacaan tasbih pada gerakan-gerakan tertentu sangat penting sekali.

Tata Cara Doa Niat Bacaan Sholat Tasbih Manfaat Dan Waktunya

Waktu Dan Jumlah Rakaat Sholat Tasbih

Sebelum menginjak pada pembahasan tata cara sholat tasbih secara lengkap, di mulai dulu mengenal waktu dan juga jumlah rakaatnya. Banyaknya jumlah rakaat sholat tasbih cukup di lakukan sebanyak 4 rakaat saja dengan masing-masing 1 kali salam setiap 2 rakaat, tetapi ada pandangan lain yang di kemukakan oleh imam nawawi mengenai teknis pelaksanaan sholat tasbih ini yaitu apabila di kerjakan pada siang hari lebih baik jika 4 rakaat 1 kali salam dan jika pada malam hari lebih baik jika sholat tasbih di laksanakan 2 kali salam, jadi kesimpulan sholat tasbih ini sebanyak empat rakaat.

Setelah mengetahui jumlah rakaat dan waktunya sekarang menginjak pada pembahasan tata cara yang di mulai dengan niat di akhiri oleh salam serta di lanjut doa setelah sholat tasbih. Tetapi harus di ingat terlebih dahulu bahwa yang namanya ibadah sholat baik wajib atau sunnah harus di mulai sebelumnya dengan wudhu, sebagai syarat mutlak yang tidak boleh di tinggalkan. Bagitu juga untuk sholat tasbih ini jangan sampai lupa untuk melakukan wudhu, dan untuk tata cara wudhu yang baik dan benar bisa langsung pelajari pada halaman lain.

Bacaan Kalimat Tasbih

سُبْحَانَ اللَّه وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَاِلَهَ اِلاَّاللّهُ وَاللّهُ اَكْبَر

subhanallah wal hamdu lillah wa la ilaha illallahu wallahu akbar

Artinya : Maha Suci Allah SWT, segala puji bagi Allah dan tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha besar.

Atau Boleh Juga Di Tambah Dengan

ولاحول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Walaa Haula walaa quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim

Artinya : Tiada kekuatan atau kekuasaan melainkan dari Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia

Niat Sholat Tasbih

Jika 2 Rakaat Maka Bacaannya :

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-tasbihi rakataini lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku Niat Sholat Sunnah Tasbih 2 Rakaat Karena Allah ta alaa

Jika 4 Rakaat Maka Bacaannya :

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكْعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-tasbihi arba'a rakatin lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku Niat Sholat Sunnah Tasbih 4 Rakaat Karena Allah Ta'aala

Tata Cara Sholat Tasbih

Pada dasarnya sholat tasbih ini dari sisi gerakan dan bacaannya sama dengan pada umumnya sholat yang di kerjakan tiap hari mulai dari niat hingga salam, hanya saja untuk sholat tasbih ini ada tambahan bacaan kalimat tasbih. Untuk lebih lengkapnya mari simak dengan baik tuntunannya di bawah ini dan perhatikan dengan benar agar benar-benar mengerti.

1. Seperti biasa di mulai dengan takbiratul ikhram dan menghadirkan niat dalam hati bersamaan dengan takhbiratul ikhram, kemudian di lanjut dengan membaca surat al-fatihah dan salah satu surat dari al-qur'an, selanjutnya membaca kalimat tasbih sebanyak 15 kali.

2. Di lanjut dengan ruku, nah pada saat ruku sebelum berdiri membaca tasbih sebanyak 10 kali.

3. Kemudian bangun dari ruku ('itidal), saat berdiri sebelum sujud membaca tasbih lagi sebanyak 10 kali.

4. Lalu turun untuk sujud, saat sujud yang pertama ini sebelum duduk membaca tasbih lagi sebanyak 10 kali.

5. Jika sudah selesai kemudian duduk, di antara dua sujud ini sebelum melakukan sujud yang kedua membaca tasbih lagi 10 kali.

6 Selanjutnya sujud lagi yang kedua kalinya dan membaca tasbih 10 kali.

7. Nah jika sudah selesai sujud kedua jangan terburu-buru berdiri untuk melakukan rakaat kedua tetapi duduk dulu sebentar sambil membacakan tasbih 10 kali, kemudian baru bangun untuk pelaksanaan rakaat kedua.

Lakukan gerakan dan bacaan tasbih tersebut pada tiap rakaat, tetapi pada rakaat kedua sesudah membaca doa tasyahud sebelum salah membaca tasbih dulu 10 kali. Jadi jika di hitung bacaan tasbih tiap rakaat sebanyak 75 kali bacaan, sehingga jika di hitung keseluruhan 4 rakaat bacaan tasbihnya sebanyak 300 kali bacaan (75x4=300). Sesudah selesai melaksanakan sholat tasbih jangan dulu pergi, tetapi berdoa dulu yang bacaannya sebagai berikut.

Doa Sholat Tasbih

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك تَوْفِيقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك،
اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِي عَنْ مَعَاصِيكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِك عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاك وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْك حَتَّى أَخْلُصَ لَك النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُونَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ. ا هـ وَفِي رِوَايَةٍ خَالِقِ النُّورِ

Allahumma innaa as’aluka taufiiqa ahlil hudaa, wa a‘maala ahlil yaqiini, wa munaashahata ahlit taubati, wa ‘azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyati, wa thalaba ahlir raghbati, wa ta‘abbuda ahlil wara‘i, wa ‘irfaana ahlil ‘ilmi hattaa akhaafak. Allaahumma innii as’aluka makhaafatan tahjizunii ‘an ma‘aashiika hattaa a‘mala bi thaa‘atika ‘amalan astahiqqu bihii ridhaaka wa hattaa unaashihaka bit taubati, khaufan minka hattaa akhlusha lakan nashiihata hayaa’an minka wa hattaa atawakkala ‘alaika fil ’umûri kullihaa wa hattaa akuuna ’uhsinuz zhanna bika, subhaana khaaliqin nuuri.

Artinya : Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara’, dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu. Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada ridha-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya.

Manfaat Keutamaan Sholat Tasbih

Sebelum pembahasan ini di tutup, sedikit akan mengulas dulu tentang keitimewaan dari sholat sunnah tasbih, Dari beberapa pembahasan dapat menyimpulkan bahwa sholat tasbih ini memang sangat luar biasa bahkan jika mengkaji salah satu hadits yang di riwayatkan oleh Imam Abu Dawud (haditsnya cukup panjang) bahwa dengan hanya melakukan empat rakaat sholat tasbih semua dosa diampuni oleh Allah. Bahkan menurut Sayid Muhammad Al-Maliki termasuk juga dosa besar bisa di ampuni dengan syarat asalkan sholat tasbihnya memenuhi syarat-syarat bertobat.

Adanya sholat tasbih yang luar biasa manfaatnya ini menjadi kemuliaan khusus bagi umat nabi muhammad saw yang menghususkan sholat tasbih kepada kita. Maka jangan sia-siakan waktu selama di dunia ini tanpa di isi dengan ibadah-ibadah yang memiliki keistimewaan luar biasa, harus di ingat bahwa siapa yang bekerja dia yang akan mendapatkan hasil begitu siapa saja yang selalu taat terhadap perintah allah dan rasulnya maka dia lah yang akan menuai kebahagiaan dunia akhirat. Jadikan sholat tasbih ini sebagai saran untuk menggapai ridha dan cintanya allah swt.

Semoga pembahasan mengenai sholat tasbih yang cukup singkat ini memebrikan manfaat besar bagi para pembaca semua hingga mengamalkannya. Dan mohon maaf karena masih banyak pembahasan tentang sholat tasbih yang tidak bisa di tulis pada halaman ini karena banyaknya keterbatasan. Silahkan pelajari semua yang berhubungan dengan tata cara dzikir doa niat bacaan sholat tasbih manfaat, keajaiban dan waktunya dalam bahasa arab latin dan juga terjemahannya.