Bacaan Doa Bepergian Jauh Agar Dilancarkan Jika Bepergian

Bacaan Doa Bepergian Jauh Agar Dilancarkan Jika Bepergian - Sebelum doa perjalanan jauh, yang pertama kali harus kamu baca adalah doa akan keluar rumah. Melapalkan salah satu doa perjalanan jauh ini dikerjakan sebelum kamu melakukan perjalanan.Nabi Sallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajarkan kepada umatnya tentang adab, dzikir dan doa. Termasuk doa ketika mau keluar rumah atau ketika kembali kerumah sebagai rasa syukur sudah kembali dengan selamat.Doa keluar rumah sangat dianjurkan dan disunnahkan oleh nabi Sallallahuah alaihi wa sallam. Maka jikaka Anda berdoa harus memperhatikan adab yang benar agar doanya sempurna.

Doa ini sangat penting untuk Anda ketahui dan Anda praktekkan agar aktivitas Anda di luar rumah mendapat perlindungan dan dijamin oleh Allah SWT. Pada kesempatan ini akan membahas tentang doa keluar rumah dan doa masuk rumah.Jika Anda sebagai seorang umat muslim dan akan pergi keluar rumah maka dianjurkan untuk berdoa terlebih dahul, Dalam islam ada anjuran untuk membaca doa dengan benar dan baik sebelum bepergian.


Berikut ada sunnah ketika ketika keluar rumah

1. Lakukan sholat dua rakaat sebelum keluar rumah
Dengan mengerjakan sholat sunnah dua rakaat termasuk perbuatan yang dapat membuat Anda terhindar dari kecemasan, kesusahan dan bencana.

Hal ini berdasarkan kata-kata nabi:

“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya

2. Membaca doa keluar rumah
بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

3. Mengangkat pandangan ke langit ketika membaca doa keluar rumah
Selain menbaca doa, nabi juga menyuruh jika akan keluar rumah terlebih dahulu memnadang ke langit dan membaca doa berikut
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Pertanyaan : Bolehkah kedua doa tersebut dibaca secara bersamaan?

Kata Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin, ”Tidak ada masalah jika seorang muslim ingin mengamalkan kedua doa diatas secara bersamaan.”

Atau jika Anda ingin mendengarkan ceramah yang lengkap membahas tentang doa keluar rumah beserta maknanya, bisa mendengarkan atau mendownloadnya pada link ceramah Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr.

4. Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu
Setelah selesai membaca doa keluar rumah sesuai sunnah rossul dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Demikian ulasan tentang doa bepergian dan doa keluar rumah yang munkin Anda belum tahu. Selain mengucapkan doa yang benar agar Anda terlindungi selama berada di luar rumah juga lakukan sesuai dengan adab yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Untuk mengerti dan paham tentang doa-doa islam karna dalam islam setiap mau beraktifitas harus berdoa terlebih dahulu.