Doa Ketia Mau Naik Kendaraan Yang Lengkap Sesuai Sunnah

Doa Ketia Mau Naik Kendaraan Yang Lengkap Sesuai Sunnah - Dari hewan dan binatang, manusia bisa memakan dagingnya, meminum susunya, memanfaatkan bulunya memakai tenaganya, serta menjadikannya sebagai tunggangan atau kendaraan.dan, dari tubuh-tubuh yang ada di bumi, manusia bisa mengolah, dan memprosesnya menjadi barang-barang bermanfaat dan berguna sesuai dengan kemauannya,di antara barang berguna yang dihasilkan dari karya besar manusia adalah kendaraan. Jika waktu dulu manusia hanya tau kendaraan dari hewan atau binatang, seperti kuda, unta, keledai, gajah, sapi, dan lainnya.

Sekarang manusia telah mampu membuat kendaraan dari rancangan benda-benda alam yang mempunyai kualitas yang lebih cepat, lebih canggih, lebih bagus , dan lebih menarik. Mulai dari kendaraan darat, kendaraan laut, sampai kendaraan udara,apa yang perlu kita ungkapkan ketika naik kendaraan? ersyukur dan mengingat nikmat Allah tersebut saat menungganginya atau menaikinya adalah hal yang perlu kita ungkapkan.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Az Zukhruf ayat 13-14:

لِتَسۡتَوٗا عَلٰی ظُہُوۡرِہٖ ثُمَّ تَذۡکُرُوۡا نِعۡمَۃَ رَبِّکُمۡ اِذَا اسۡتَوَیۡتُمۡ عَلَیۡہِ وَ تَقُوۡلُوۡا سُبۡحٰنَ الَّذِیۡ سَخَّرَ لَنَا ہٰذَا وَ مَا کُنَّا لَہٗ مُقۡرِنِیۡنَ. وَ اِنَّاۤ اِلٰی رَبِّنَا لَمُنۡقَلِبُوۡنَ

Artinya:

“Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya dan upaya kamu mengucapkan, “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tukan kami.” (QS. Az-Zukhruf ayat 13-14).


1. Membaca “bismillah”.

Beliau membaca “bismillah” (بِسْمِ اللهِ), ketika Rasulullah menyimpan kakinya di atas tunggangannya.
2. Membaca “alhamdulillah”.

Beliau membaca “alhamdulillah” (الْحَمْدُ لِلَّهِ), ketika Rasulullah telah tegak di atas punggungnya unta.
3. Membaca doa naik kendaraan.

sesudah itu beliau membaca doa naik kendaraan (ketika itu naik tunggangan unta), sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Bacaan Doa Naik Kendaraan Latin

”Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun”
Arti Bacaan Doa Naik Kendaraan

“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”.

4. Membaca Alhamdulillah dan Takbir sebanyak 3 kali.

“Alhamdulillah” (الْحَمْدُ لِلَّهِ) artinya Segala puji bagi Allah (3x).
“Allah Akbar” (اللهُ أَكْبَرُ) artinya Allah Maha Besars (3x).

5. Membaca doa Istighfar.

Terakhir beliau membaca doa istighfar sebagai berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya:

“Maha Suci Egkau Sungguh, aku telah menganiayanya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya, tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR.Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I, Ahmad, dan lainnya).

Dari urutan doa naik kendaraan diatas, maka dapat dijadikan dalam satu bacaan doa naik kendaraan lengkap sebagai berikut:

Hikmah dari mengucapkan doa naik kendaraan diatas adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt, atas Nikmat yang telah menganugrahkan kendaraan itu untuk bisa kita naiki dan mengantarkan kita sampai tujuan.
Kemudian untuk doa menaiki atau mengendarai kendaraan laut bisa juga membaca doa diatas, karena doa diatas adalah doa naik kendaraan umum, namun bisa juga setelah membaca doa naik kendaraan diatas dilanjutkan dengan membaca doa khusus naik kapal.

Berikut ini adalah doa khusus naik kapal lengkap beserta latin dan artinya.

Doa Naik Kapal

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Doa khusus naik kapal diatas merupakan doa yang di panjatkan oleh Nabi Nuh pada saat mengendarai kapalnya yang diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Huud ayat 41.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya:
Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41)

Untuk Doa naik Pesawat atau kapal terbang bisa juga membaca doa naik kendaraan umum diatas karena pesawat juga merupakan kendaraan,bisa pula setelah itu dilanjutkan membaca doa naik kapal, doa naik juga bisa di pakai saat menaiki pesawat terbang.Itulah bacaan doa ketika naik kendaraa beserta latin dan terjemahnya. pada saat mengendarai atau menaiki kendaraan alangkah baiknya senantiasa mengucapkan doa diatas agar, Allah Swt melindungi kita dari mara bahaya dan kita bisa sampai ditujuan dengan selamat, selain itu bisa juga menambah pahala, semoga doa naik kendaraan bisa bermanfaat bagi kita semua.