Doa Bacaan Masuk Masjid Sesuai Sunnah Lengkap Arti Dan Latin

Doa Bacaan Masuk Masjid Sesuai Sunnah Lengkap Arti Dan Latin - Didalam sariat islam doa adalah hal paling utama mau berbuat apapun harus di awali dengan doa keculi mau berbuat maksiat dilarang untuk berdoa dulu doa juga merupakan perbuatan yang dilakukan umat islam sebagai sarana mendekatkan diri dengan allah swt,setiap mengawali atau mengakhiri sesuatu dalam islam harus membaca doa oleh karena itu mari kita untuk belajar menghapal doa doa dan mengamalkannya dengan baik.

Dalam islam setiap umat nya dianjurkan sebelum masuk masjid untuk membaca doa terlebih dahulu ini merupakan ibadah sunnah yany wajib dikerjakan anak-anak generasi islam selanjutnya,dengan harapan agama ini terus maju dan berkembang memberi manfaat untuk seluruh alam semesta ini,doa masuk masjid dan doa keluar masjid merupakan adab yang baik ketika memasuki tempat ibadah umat islam, masjid adalah tempat yang dimulyakan allah swt.

Setiap muslim wajib tahu bagai mana adab adaman ketika masuk masjid dan ketika didalam masjid oleh karena itu kita harus menggali lebih dalam lagi agar kita tahu bagai mana adab adaban mau masuk masjid dan ketika kita ada didakam masjid alangkah baiknya sebelum kita masuk masjid kita harus suci dari hadas dan najis karena masjid tempat yang suci yang dimulyakan oleh allah swt,olehkarena itu kita harus menghormati tempat itu, mesjid juga tempat beribadahnya umat isam ,umat islam beribadah tiap hari tiap malam selalu ada di masjid kita juga harus menjaganya.


Ada beberapa dauhan yang menganjurkan untuk membaca doa jika mau masuk masjid dan keluuar masjid:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
Artinya:
"Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, 'Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik' (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: 'Allahumma inni as-aluka min fadhlik' (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)"
(HR. Muslim 713)

Berikut ini adalah lafadz/bacaan doa pada saat masuk masjid dan keluar masjid lengkap beserta latin dan terjemahnya yang bisa anda hafalkan.

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
Artinya: "Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu"

Doa diatas dibaca pada saat masuk ke masjid dengan mendahulukan kaki kanan, kemudian ketika hendak keluar dari masjid dengan membaca doa di bawah ini.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
Allahumma innii asaluka min fadlik

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu"

Adab kita sebelum memasuki masjid
1.Mendahulukan kaki kanan.
2.Membaca doa masuk masjid.
3.Sholat sunat dua rakaat.
4.Berdoa ketika akan keluar masjid dan mendahulukan kaki kiri.

Demikian ulasan tentang doa bacaan masuk masjid Semoga penjelasan tentang doa-doa ini bisa semakin menambah pemahaman Anda tentang adab dan memuliakan Masjid sebagai tempat Ibadah umat Islam. alangkah baiknya jika doa tersebut dihafalkan dan membacanya pada saat masuk masjid dan keluar dari masjid, semoga doa tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.