Doa Bacaan Masuk Keluar Kamar Mandi Dan Adab Didalam Kamar mandi

Doa Bacaan Masuk Keluar Kamar Mandi Dan Adab Didalam Kamar mandi - Sebagaimana yang kita ketahui kamar mandi adalah tempst untuk membuang hajat,baik hajat besar maupun hajat kecil, didalam islam kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum masuk da sebelum keluar kamar mandi, doa masuk kamar mandi adalah tujun kita agar terhindar dari godaan setan baik setan laki-laki maupun setan perempuan, dan jika kita mau masuk kamar mandi alangkah baik nya kaki yang pertama masuk kaki kiri terlebih dahulu.

Ada banyak hadits yang menyuruh membaca doa sebelum masuk kamar mandi jadi dimana kita mau masuk kamar mandi jan lupa untuk membaca doa karena sudah banyak yang menganjurkan dalam hadits, maka marilah kita mulay memprbaiki dari sekarang mumpung kita masih ada karena kalau kita sudah tiada bagai mana mau ngerjakannya, ada salasatu hadits yang menganjurkan untuk membaca doa sebelum masuk dan keluar kamar mandi.


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ
Artinya:
“Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau berdoa, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan.”(HR. Bukhari)

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ
Artinya:
“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Doa masuk kamar mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ
Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

Doa keluar dari kamar mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ
Artinya:

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

Berikut adab masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi yang bisa kita lakukan

1.Ketika mau masuk kamar mandi, hendaklah membaca بِسْمِ اللهِ agar sedang dikamae mandi terhindar dari godaan setan dan jin kafir.
2.Membaca doa sebelum masuk kamar mandi seperti yang sudah d jelaskan sebelum nya.
3.Ketika akan melangkah kedalam kamar mandi, dahuluka kaki kiri terlebih dahulu, karena kamar mandi merupakan tempat najis tempatnya setan berada.
4.Ketika sedang di dalam kamar mandi pakai lah sendal.
5.Ketika sedang di kamar mandi usahakan jangan berbicra keras atu nyanyi.
6.Ketika di kamar mandi dilarang membawa ayat ayat al quran atau pun membaca ayat al quran.
7.Jika ingin bab diusahakan jangan menghadap kiblat atau pun membelakanginya sebagai mana rasulullah bersabda,"Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari).
8.Tidak boleh menjawab salam atau mengucapkan salam dari kamar mandi.
9.Usahakan menutup pintu agar aurat tidak terlihat oleh orang lain dari luar.
10.Jika sudah selesai mandi atau buang hajat, hati-hati dengan najis,siram atau aliri sampai benar-benar bersih.
11.Ketika akan melangkah keluar dari kamar mandi, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu disertai dengan membaca doa غُفْرَانَكَ yang artinya “Aku meminta ampun kepadaMu”.

Ketika Anda ingin mandi atau ingin buang air kecil, Pastinya Anda akan mengeluarkan aurat atau bahkan melepas semua pakaian. Dengan berdoa maka aurat Anda akan tidak terlihat oleh setan dan jin kafir. Dan dengan berdoa maka Anda akan terhindar dari perbuatan buruk selama di kamar mandi,Anda tidak dapat mengetahui kapan Anda akan meninggal bukan? Mungkin saat mandi di kamar mandi atau sedang buang hajat maka itulah jalan menghampirinya.

Sekarang Anda sudah paham dan mengerti bacaan doa masuk wc dan keluar wc Silahkan dipahami, hafalkan dan praktekkan. Usahakan jangan hanya berdoa ketika masuk WC atau doa keluar WC saja, karena umat muslim dianjurkan selalu memulai segala aktifitasnya dengan berdoa. Segala aktifitas yang diawali dengan doa maka langkah yang kan Anda lakukan akan mendapat perlindungan-Nya dimanapun Anda berada.