Niat Bacaan Sholat Tahajud Dan Dzikir Manfaat Bagi Umat Muslim

Niat Bacaan Sholat Tahajud Dan Dzikir Manfaat Bagi Umat Muslim - Solat tahajud merupakan solat sunnah utama dan yang mengerjakan nya akan mendapat keberkahan dan ampunan dari allah swt,cara melaksanakan solat tahajud sama seperti mengerjakan solat pardu 5 waktu,solat tahajud juga dapat menghilangkan kelemahan menghindari dosa,solat tahajud dapat memperkuat pemahaman agama kita waktu paling baik melaksanakan tahajud adah 1/3 malam tapi sayangnya sedikit yang melaksanakan karena kebanyakan orang mikir libih enak tidur.

Tahajud secara bahasamujanababatul hajud(menjauhi tempat tidur).dalam kaitannya dalam ibadah,tahajud adalah"menjauh dari tempat tidur untuk melaksanakan solat".dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamusebagai suatu ibadah tambahan bagimu dari ayat ini dapat kita simpulkan bahwa solat tahajud merupakan ibadah tambahan yang d kerjakan d malam hari,yang dapat mengangkutnya ketempat terpuji dan membawa kejalan yang baik dan benar.

solat tahajud merupakan salasatu solat malam yang memiliki banyak keutamaan,baik keutamaan dunia maupun akhirat.keutamaan solat tahajud antara lain sebagai berikut:


1.Dilabulkan doa-doa kita

Pada malam hari itu benar benar ada saatyang seseorang muslim dapat menepati nya untuk memohon kepada ahllah suatu kebaikan dunia dan akhirat,pasti allah akan memberikannya(mengabulkannya);dan itu tsetiap malam.

2.Solat yang paling utama

Seutama utama solat sesudah solat pardu iyalah salat sunnat d waktu malam apalagi mejalankan yang 11/13 rakaat dalam satu malam sungguh allah bangga dengan kalian yang melaksanakan salat malam.

3.Allah menjanjikan surga bagi orang orang yang melaksanakan qiamul lail

Hai sekalian manusia,sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta solat lah d waktu manusia sedang tidur,supaya kamu bisa menyebrangi jembatan syirot danbisa masuk surganya allah dengan selamaat.

4.Akan mendapat tempat yang terpuji

Hendaklah engkou sholat tahajudd sebagai tambah bagi engkau,mudah mudahan tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji,melihat betapatinggi nya nilai solat tahajud sudah sepantasnya jika kita membiasakan.

Niat solat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالَى

Ushollii Sunnatat Tahajjudi Rak’ataini Mustaqbilal Qibelati Lillaahi Ta’aalaa.
Artinya: Sengaja aku niat aholat sunnah tahajud 2 rakat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Wirid setelah tahajud

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah, Alladzii Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyul Qayyumu wa Atuubu Ilaihi

Artinya: “Aku memohon ampun dan bertaubat kepada Allah yang tak ada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat yang Maha hidup kekal dan berdiri sendiri”

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ أَعُوْذُُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah! Engkaulah Rabbku, Tak ada Tuhan yang berhak disembah selain.Mu, Engkaulah Yang menciptakanku, dan aku adalah hamba.Mu, aku berada di atas ikatan dan janji.Mu selama aku mampu, aku berlindung kepada.Mu dari kejahatan yang aku perbuat, aku mengakui kepada.Mu atas nikmat.Mu kepadaku, dan aku juga mengakui kepada.Mu dosa-dosaku, maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau”

Doa setelah solat

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimussamaa Waati Wal Ardi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun.

“Ya Allah! Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji.Mu lah yang benar, pertemuan dengan.Mu adalah benar, perkataan.Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Ya Allah! Hanya kepada.Mu lah aku berserah diri, hanya kepada.Mu lah aku beriman, hanya kepada.Mu lah aku bertawakkal hanya kepada.Mu lah aku kembali, hanya dehgan.Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada.Mu lah aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan Tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Cara melakukan sholat Tahajud sama seperti melakukan sholat Fardhu 5 waktu. Yaitu:
Urutan Rakaat pertama Rakaat kedua
1 Niat dalam hati Baca al-Fatihah
2 Takbir, lalu doa iftitah Baca surah al-Quran
3 Baca al-Fatihah Ruku' (Membaca Subhana Rabbiyal 'Adzhimi Wa Bihamdihi )
4 Baca al-Qur'an I'tidal (Membaca Sami’Allaahu liman hamidah kemudian Rabbana Lakalhamdu Mil Assamawati Wamil Ardhi Wamil a’maasyita Min Syai i’nba’du)
5 Ruku' (Membaca Subhana Rabbiyal 'Adzhimi Wa Bihamdihi ) Sujud (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi)
6 I'tidal (Membaca Sami’Allaahu liman hamidah kemudian Rabbana Lakalhamdu Mil Assamawati Wamil Ardhi Wamil a’maasyita Min Syai i’nba’du) Duduk antara dua sujud (Membaca Rabbighfirli Warhamni Wajburni Warfa’kni Warzuqni Wahdini Wa’afini Wa’fu ‘anni)
7 Sujud (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi) Sujud (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi)
8 Duduk antara dua sujud (Membaca Rabbighfirli Warhamni Wajburni Warfa’kni Warzuqni Wahdini Wa’afini Wa’fu ‘anni) Duduk baca Tahiyat akhir
9 Sujud (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi) Salam.

Demikian pembahasan mengenai niat solat tahajud dan dzikir serta manfaat,mudah mudahan manfaat bagi kita semua.