Tata Cara Doa Sholat Dhuha Dan Bacaan Niat Lengkap Manfaat

Tata Cara Doa Sholat Dhuha Dan Bacaan Niat Lengkap Manfaat - Sebelum mekaksanakan shalat dhuha alangkah baik nya kita mempunyai wudhu terlebih dahulu,salat dhuha adalah salasatu shalat sunnah istimewah,shalat ini di kenal sebagai shalat sunnah untuk memohon rejeki ada banyak manfaat keutamaan bagi seorang muslim rutin melaksanakan shalat sunnah ini,cara melaksanakan shalat dhuha ini sama seperti melaksana kan shalat lain pada umumnya,dalam tata cara shalat dhuha adadoa doa tertentu yang di bacakan setelah salat.

Doa shalat dhuha mengandung makna yang sangat dalam bagikehidupan manusia untuk kepentingan dunia dan akhirat nya.dalam doa tersebut,tidak hanya berisi hajat duniawi saja, tetapi juga berisi tenang hajat untuk kebaikan akhirat.itulah mengapa shalat dhuha ini begitu istimewa,bahkan d bangun kan istana mewh d surga barang siapa yang mengerjakan shalat dhuha 12 rakaat ,bagi yang konsisten menjalan kan nya akan di sediakan pintu sendiri untuk memasuki surga.


Makna yang terkandung dalamnya meliputi kesejahtraan kehidupan manusia d dunia serta mengantarkannya menjadi hamba yang senantiasa taat pada tuhan,setida nya doa shalat dhuha ini memiliki tiga kandungan yaitu:

1.Pujian kepada allah subhanahu wataala

Doa shalat dhuha yang pertama adalah berisi puji pujian yaitu allah-lah yang memiliki waktu dhuha,yaitu dimana manusia mulai beraktifitas,dan d mana waktu manusia bertebaran mencari ridha allah,dan allah-lah maha agung seluruh keagungan adalah milik nya,dan dzatyang maha indah,seluruh keindahan adalah miliknya,dzat yang maha menjaga adalah miliknya.

2.Dimudahkan dalam urusan rizki

Kandungan doa shalat dhuha yang kedua adalah permintaan kesejahtraan yang mencakup kemudahan dalam mencari rezeki,inti dalam kandungan doa ini ingin d mudah kan dalam mencari rezekidimana pun rezeki itu berada agar d mudahkan memperolehannya apabila sulit mudah kanlah,apabila sedikit limpahkan lah,apabila jauh dekatkanlah,dan apabila mengandung unsur haram agar bersihkan dan disucikan.

3.Meminta d kabulkannya doa dan pemberian sebagai mana salihin

Kandungan doa shalat dhuha yang terahir meminta di kabulkannya doa dengan memuji sifat kesempurnaannya,selain itu juga meminta pemberian sebagaimana yang allah berikan kepada salihin.

Itulah rahasia kandungan doa setelah shalat dhuha.kewajiban kita hanya berdoa,jangan berburuk sangka tidak d kabulkan nya doa yang kita panjatkan,allah sudah berjanji akan mengabulkan doa setiap hamba hambanya sebagai seorang hamba tida boleh berburu buru mengatakan'doa,sebab,doaku tidak terkabul',sebab,doa kita hanya akan terkabul menurut waktu yang ditentukan allah bukan atas ketentuan kita sendiri.


للهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.


“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Doa ini d cantumkan oleh Asy syarwani dalam syarh Al minhaj dan di sebutkan pula oleh ad Dimiyathi dalam I'anatuth thalibiin.
Meskipun bukan berasal dari nabi kitabolehsaja membaca doa tersebutdan doa lainnya asalkan semua itu baik.

Demikian lah tata cara doa sholat dhuha dan bacan niat manfaat,dengan bacaan doa sesuai sunnah,semoga panduan taca cara sholat dhuha ini bermanfaat.