Doa Mau Memakai Baju Dan Melepas Baju Sesuai Sunnah Lengkap

Doa Mau Memakai Baju Dan Melepas Baju Sesuai Sunnah Lengkap - Doa berpakaian dan melepas pakaian- Di kesempatan kali ini akan berbagi doa berpakaian baik itu memakai pakai baru maupun pakaian yang sudah lama, dan juga doa melepas pakaian beserta latin dan terjemahnya.Berpakaian merupakan kegiatan sehari-hari seperti memakai baju, celana, sarung, jilbab dan yang lainnya, baik itu pakaian baru maupun yang sudah lama di pakai, maka dari itu kita jangan lupa untuk berdoa.

Pakaian sesuatu yang sangat akrab dalam kehidupan manusia. Orang sering menyebut pakaian dalam tiap pembicaraan mereka. Baik secara offline maupun melalui media online. Kata pakaian sering dikenal dengan kata busana. Kata tersebut asalnya dari bahasa sansekerta yakni bhusana. Hanya saja, kalau busana itu identik dengan pakaian yang indah, serasi, selaras, harmonis, enak dipandang serta sesuai dengan momen tertentu.

Istilah lain dari pakaian antara lain fashion, kostum, dan clothing. Fashion berkaitan dengan pakaian yang sesuai dengan mode kekinian. Mode yang sedang disukai pada zaman sekarang. Kostum lebih kepada jenis pakaian yang menunjukkan kekhasan. Misalnya kedaerahan, keagamaan, tradisional, dan lain-lain. Sedangkan clothing menunjukkan pakaian yang dikenakan pada suatu musim atau cuaca tertentu. Misalnya saja musim dingin, musim panas, musim kemarau, dan musim hujan.


Doa Memakai Pakaian Baru

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku"

Doa diatas adalah doa memakai pakaian baru baik itu pakaian yang baru dibeli maupun pakai baru yang lama di simpan, selain itu ketika kita melepas pakaian juga di anjurkan untuk berdoa berikut ini adalah bacaan doa ketika melepas pakaian.

Doa Melepas Pakaian
بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya:
"Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya"

Itulah doa memakai pakaian maupun pakaian lama serta doa melepaskan pakaian. Doa ini di baca agar ketika kita memakai pakaian selalu nyaman dan ketika memakai hanya untuk ketaan kepada Allah Swt. Sedangkan doa melepas pakaian di baca agar ketika kita melepas pakaian, Auratnya kita tidak terlihat oleh bangsa jin. Semoga doa diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Memiliki pakaian adalah bagian dari nikmat pemberian Allah Swt. Mengenakan pakaian juga termasuk nikmat yang perlu sekali kita untuk mensyukurinya. Cara besyukur dalam hal ini ada berbagai macam. Misalnya saja kita menyebut dan memuji Allah Swt. Kemudian kita membaca doa. Termasuk pula membaca doa melepas pakaian. Bacaan doa tersebut sudah diajarkan di TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran), TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), MI (Madrasah Ibtidaiyah). Melepas pakaian merupakan rutinitas sehari-hari. Bisa berkali kali kita melakukannya dalam 24 jam. Misalnya saja saat kita mau mandi. Atau pula mau ganti pakaian yang lebih baik karena hendak pergi shalat berjamaah di masjid. Bisa juga pada saat sebelum tidur. Mengenai lafazhnya ialah.

Cukup pendek doanya. Anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang sudah tua, insya Allah, tidak akan merasa kesulitan untuk menghafalnya. Dengan kita membiasakan untuk membaca doa ini, maka lama kelamaan akan bisa hafal dengan sendirinya. Saya rasa tidak perlu untuk meluangkan waktu khusus untuk menghafal doa tersebut. Tetapi, kalau misalnya teman-teman ada waktu yang luang atau malah berkenan meluangkan waktunya untuk menghafalnya itu akan lebih baik. Tentu saja akan lebih cepat hafal. Setelah sudah hafal, tinggal kita mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang paling penting. Banyak yang lupa ketika membaca doa melepas pakaian. Perlunya pembiasaan untuk bisa disiplin mengamalkannya. Akan lebih baik bila pembiasaan itu dilakukan semenjak anak-anak. Dilakukan sedini mungkin akan semakin baik.

Mudah mudahan doa memakai pakaian ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan setelah adanya doa ini kita yang biasa-nya pas memakai baju langngsung pakai tanpa membaca doa dan kita bisa membaca, menghapal nya karna memakai pakaian hal yang paling sering kita lakukan di setiap hari kita mau pergi kemana pun kita memakai pakaian maka dari itu sebelum memakai pakaian berdoa lah agar pakaian nya nyaman digunakan-nya.