Doa Sebelum Dan Sesudah Tidur Lengkap Beserta Arti

Doa Sebelum Dan Sesudah Tidur Lengkap Beserta Arti - Tidur ialah aktifitas sehari-hari bagi semua umat manusia. Manusia melaksanakan istirahat pada malam hari setelah pada waktu siang hari sibuk bekerja atau melakukan berbagai aktifitas, ketika hendak pergi tidur, dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur, agar tidurnya dalam perlindungan Allah. Karena ketika kita tidur, kita seolah mati, karena tidur adalah sahabatnya mati,seperti yang dianjurkan Rasulullah, ketika mau tidur kita diperintahkan membacakan doa sebelum tidur. Namun selain membaca doa, kita dianjurkan untuk bersuci atau berwudhu dahulu sebelum tidur. Dengan harapan kita dalam keadaan suci ketika tidur.

Membaca doa sebelum tidur merupakan adab yang diajarkan oleh Rasulullah Saw kepada kita, umatnya. Agar kita menutup segala aktifitas sehari-hari dengan menyebut nama Allah. Sehingga jika kita tidak bangun lagi maka kita akan meninggal dalam keadaan khusnul khatimah, karena meninggal setelah menyebutkan nama Allah Saw Tidur juga merupakan hal paling nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Kalau dalam islam, tidur ini adalah salah satu dari sifat jaiz manusia (sifat yang harus ada pada setiap manusia).

Anda bisa membuat tidur lebih bermanfaat, tidur bukan hanya untuk tidur, tetapi tidur untuk beribadah. Semua itu tergantung pada niatnya saja, apabila niat benar, sekalipun Anda tidur, itu dihitung sebagai ibadah.dalam suatu hadist disebutkan, “tidurnya orang yang berilmu itu lebih baik, ketimbang ibadahnya orang bodoh.” Nah, itulah kenapa menjadi orang yang berilmu itu penting.


Meskipun sekolah memang tidak bisa 100% menjadi jaminan, setidaknya pasti ada ilmu atau hal positif yang bisa Anda dapatkan di sekolah. Ketika Anda memiliki ilmu bahkan tidur sekalipun bisa dicatat sebagai pahala. Agar tidur Anda tidak menjadi sesuatu yang sia-sia dan membuang umur, sebelum tidur usahakan untuk berdoa dan setelah tidur:

Doa sebelum tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ
Bacaan Doa Sebelum Tidur Latin

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.
Arti Bacaan Doa Sebelum Tidur

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Mengapa tidur dikatakan sebagai saudaranya mati?

Karena, saat tidur panca indra serta kesadaran manusia tidak berfungsi, alias sama dengan mati. Hanya denyut jantung, tarikan napas, dan aspek fisik lainnya saja yang masih hidup.

Al Quran menggambarkan peristiwa tidur sebagai berikut:

اَللّٰہُ یَتَوَفَّی الۡاَنۡفُسَ حِیۡنَ مَوۡتِہَا وَ الَّتِیۡ لَمۡ تَمُتۡ فِیۡ مَنَامِہَا ۚ فَیُمۡسِکُ الَّتِیۡ قَضٰی عَلَیۡہَا الۡمَوۡتَ وَ یُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰۤی اِلٰۤی اَجَلٍ مُّسَمًّی

Artinya:

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan…”, (QS. Az-Zumar ayat 42).

Ayat di atas memberikan penjelasan bahwa mati itu ada dua jenisnya.

Berbentuk tertahannya ruh atau jiwa seseorang sehingga tidak bisa lagi kembali kepada wadahnya (tubuh), dan yang demikian ini dinamakan mati.
Allah melepaskan ruh seseorang dari genggaman-Nya sehingga memungkinkan ruh itu kembali lagi ke wadahnya (tubuh) semula. Dan yang demikian ini dinamakan tidur.

Bisa diibaratkan jika seorang yang tidur itu seperti layang-layang yang terbang jauh ke angkasa, tapi talinya tetap dipegang oleh pemain. Sedangkan mati adalah layang-layang yang telah putus talinya sehinggaia terbang tidak kembali.

a. Ketika hendak tidur, kita diajak untuk menghayati arti kehidupan dan kematian.

Sebab, sebelum tidur kita adalah orang yang hidup alias hidup panca indranya. Dan, saat tidur kita sedang dimatikan oleh Allah untuk sementara waktu. Untuk itu dianjurkan untuk membaca doa hendak tidur.

Maka, tidur adalah contoh kematian yang Allah ajarkan kepada manusia di dunia ini supaya menjadi pelajaran berharga di akhirat kelak.

b. Pasrah kepada sang pemilik kehidupan dan kematian

Doa ini mengandung pesan kepasrahan kepada sang pemilik kehidupan dan kematian. Sungguh, manusia terlalu lemah, sebagaimana tergambar sewaktu kita tidur.

Saat tidur, kita tidak mampu menguasai diri kita sendiri. Kita tak berkuasa lagi untuk mengendalikan tubuh ini. Bahkan, kita pun tidak sanggup menentukan judul mimpi kita.

Berdasarkan ketiga pesan ini, mestinya jika dipahami betul, semua sifat-sifat sombong, iri, dengki, takabur, dan sebagainya yang ada pada diri manusia akan luruh dan sirna dengan sendirinya.

Karena, semuanya bermuara pada kesadaran hakiki bahwa kita hanya hamba lemah yang sewaktu-waktu dapat dihidupkan dan dimatikan kapanpun oleh Allah.

Jika Anda menganggap penting untuk mengadakan persiapan bari di setiap paginya, maka bersyukurlah karena Anda telah termasuk dalam golongan orang yang akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan, sungguh tidak sedikit orang yang tidak ada persiapan apa pun untuk menyambut datangnya pagi, setiap bangun di pagi hari, ia tampak biasa-biasa saja. Ia pun tak pernah mau repot-repot memikirkan hal apa saja yang ia peroleh di pagi ini.

Tak sedikit pula orang yang bangun tidur dengan muka yang suram, pikiran yang kacau, dan hati yang sedih. Bawaannya ingin mengeluh, kesal, dan bingung, apalagi yang mau bekerja, bawannya ngantuk dam malas bangun namun demikian, tidak ada salahnya jika kita menginginkan selalu bahagia selamanya. Bahkan, wajib untuk bahagia setiap hari. Malah, kita semua selalu berharap agar selalu bahagia di dunia dan di akhirat.

Bacaan Doa Bangun Tidur Arab

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ
Bacaan Doa Bangun Tidur Latin

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”
Arti Doa Bangun Tidur

“Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Demikian ulasan tentang doa sebelum tidur dan sesudah tidur. Semoga Allah senantiasa memberikan kenikmatan dan ridha-Nya kepada kita semua, Aamin, dan bisa menambah wawasan kita apabila kita sudah tau keutamaan, manfaat,dari membaca doa sebelum dan sesudah tidur marilah kita melaksanakan atau mengamalkan-nya agar bangundari tidur kita selalu senang dan bahagia amin..