Doa Niat Puasa Arafah Dan Keutamaan Puasa Arfah

Doa Niat Puasa Arafah Pada Tanggal, Dan Keutamaan Puasa Arfah - Sehari sebelum Hari Raya Idul Adha, umat Islam disarankan untuk melaksanakan amalan sunah, puasa Arafah. Puasa sunah yang mempunyai banyak keutamaan ini diawali dengan niat lalu menahan diri dari yang membatalkan puasa hingga waktu Magrib.Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi umat Islam yang belum mampu atau tidak menjalankan ibadah haji di Makkah. Puasa ini dilakukan sehari sebelum Hari Raya Iduladha, yakni setiap tanggal 9 Zulhijah atau bertepatan dengan Sabtu, 9 Agustus 2019.nama puasa Arafah diambil dari rutinitas ibadah haji setiap tanggal 9 Zulhijah yakni melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Saat ini kita berada di bulan Dzulhijjah. Salah satu bulan paling penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab di bulan ini kita bertemu dengan hari raya Idul Adha. Umat yang mampu bisa berkunjung ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.Selain beribadah haji ke tanah suci, ada amalan puasa sunah yang dianjurkan saat Dzulhijah. Puasa-puasa sunah tersebut ada tiga jenis, yakni puasa 1-7 Dzulhijah, puasa tarwiyah (8 Dzulhijjah), dan puasa arafah (9 Dzulhijjah).

Anjuran untuk Menjalankan Puasa Arafah

Puasa arafah merupakan salah satu puasa sunah yang sangat dianjurkan, khususnya bagi umat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji.
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari 'Asyura' (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya…" dikutip HR Abu Daud nomor 2437.


Keutamaan Puasa Arafah

Puasa arafah memiliki keutamaan yang sangat besar. Oleh karenanya, para ulama memasukkan puasa Arafah ini ke dalam puasa sunnah yang sangat dianjurkan (muakkad).
"Puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu," dikutip HR Muslim.

Niat Puasa Arafah

Berikut bacaan niat puasa Arafah tanggal 9 Zulhijah: نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ. Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.” Niat puasa di bulan Zulhijah: نويت صوم شهر ذى الحجة سنة لله تعالى Nawaitu shauma syahri dzil hijjati sunnatan lillahi ta’ala Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Zulhijah karena Allah Ta’ala."

Sekian yang dapat saya sampai kan mengenai niat puasa arafah semoga bisa menambah wawasan anda dan bisa bermanfaat bagi kita semoga dengan adanya artikel ini menjadi pembelajaran bagi kita,bagi kalian yang blum memahami niat puasa arafahdan juga keutamaan nyah, kalin mulai lah bertanya kepada ustd atau kiyayi karena doa ini sangn penting bagi yang mau melaksana kan puasa arafah.