Doa Niat Puasa Rajab Lengkap Sunnah Dan Keutamaan

Doa Niat Puasa Rajab Lengkap Sunnah Dan Keutamaan - Rajab iyalah sebuah bulan yang dimana didalam-nya banyak dipenuhi dengan pahala-pahala yang baik yang datang setiap bulan ke-7 dalam perhitungan kalender komariah atau hijriah,selain bulan yang penuh berkah, dalam sejarah islah telah diketahuitelah berlangsung-nya peristiwa yang sangat mulia yang dimana kejadian tersebut di isra dan mi-mirajkan-nya nabi besar kita iyalah nabi muhammad saw,tetapi bukan hanya itu,tepat bulan rajab allah swt menurunkan wahyu untuk baginda rasul yang berisi menyuruh umat-nya agar terus menjalankan ibadah-5 waktu.

Rajab adalah salah satu bulan yang di mulyakan dalam agama islam serta selalu dijadikan momen tepat untuk memperbanyak amal kebaikan yang berisi oleh beragam aktifitas seperti ibadah puasa sunnah bulan tersebut membaca doa niat puasa bulan rajab khusus,pelaksanaan ibadah ini dinilai memiliki keunggulan lebih berupa pahala yang besar yang bisa didapatkan oleh siapa saja yang mampu melaksanakan puasa tersebut.

Terdapat beberapa keutamaan dan manfaat bagi orang yang berpuasa di bulan rajab. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya". (HR. At-Tabrhani).Selain itu masih banyak lagi keutamaan-keutamaan dari puasa di bulan rajab.


1. Melaksanakan Puasa Rajab Hukumnya Sunnah

Yang termasuk sunnah berarti bila dikerjakan mendapat pahala, dan bila tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa. Namun, seperti penjelasan sebelumnya terdapat perbedaan pendapat di antara madzhab yang berlaku mengenai sunnahnya puasa Rajab ini, tetapi mayoritas madzhab menyatakan bahwa pelaksanaan puasa Rajab itu hukumnya adalah sunnah.

2. Dihapus Dosanya oleh Allah

Pahala penghapusan dosa yang didapatkan pada bulan Rajab berbeda-beda. Pada hari pertama dosa kita akan diampuni selama tiga tahun, pada hari kedua selama dua tahun, pada hari ketiga satu tahun, sedangkan pada hari-hari setelahnya dihapus dosa dalam satu bulan berdasarkan sabda Rasulullah saw: “Berpuasa pada hari pertama bulan Rajab menghapus puasa dosa selama tiga tahun, berpuasa pada hari kedua menghapus dosa selama dua tahun, berpuasa pada hari ketiga menghapus dosa selama setahun, kemudian untuk setiap harinya selama sebulan.”(HR. Al Khilal dalam Fadhoil Syahrur Rojab). Sungguh keutamaan yang mudah diraih hanya dengan berpuasa pada bulan Rajab.


3, Sama dengan Berpuasa di Bulan yang Mulia

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia sehingga puasa yang dilakukan pada bulan ini tentu akan memberikan nikmat serta pahala berlimpah pada kita semua.

Niat puasa rojab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’I sunnati Rajaba lillahi ta’alaa

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Mereka yang ingin puasa sunnah Rajab di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan lupa berniat di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memasang niat puasa Rajab saat itu juga. Kewajiban berniat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib yang dijalankan pada bulan Ramadhan.

Doa Rasulullah Saat Memasuki Bulan Rajab

Berikut adalah doa Rasulullah saat memasuki bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.”

Itulah sedikit pembahasan mengenai puasa rajab lengkap latin dan artinya termasuk berapa hari hukum pelaksanaannya,dan menjadi motivasi bagi kita, mudah-mudahan dibulan rajab ini kita senantiasa mampu melaksanakan ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan, dan semoga termasuk orang-orang yang beruntung.