Doa Niat Sholat Hajat lengkap manfaat, waktunya dan Keajaiban

Doa Niat Sholat Hajat lengkap manfaat, waktunya dan Keajaiban - Sholat hajat ialah salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keistimewaan. Sangat dianjurkan untuk siapa saja yang memiliki keinginan atau hajat agar melaksanakan sholat ini karena manfaat sholat hajat sendiri yaitu memenuhi hajat.Sholat hajat bisa sholat hajat jodoh. Dalam Islam, salah satu cara menjemput jodoh yaitu dengan sholat hajat jodoh. Hal ini agar rahasia jodoh dari Allah segera dibuka.

Iringan lengkap mengenai cara sholat Hajat disertai niat, doa, dalil dan waktu mengerjakan Sholat Sunnah ini, sholat Hajat ialah salah satu dari sekian Sholat Sunnah yang dilaksanakan untuk memohon kepada Allah Ta’ala agar mengabulkan hajat (Keinginan) seseorang, kemauan yang di minta dalam Sholat ini bisa berupa keberhasilan, jodoh, pekerjaan dan lainnya sejauh tidak keluar dari hukum Syariat Islam.

Dalil mengerjakan Sholat Hajat

Mengenai dalil Syar’i mengerjakan Sholat Sunnah Nafilah ini adalah dari Hadis yang diriwayatkan oleh ‘Utsman bin Hunaif sebagai berikut:
Seorang buta datang kepada Nabi lalu mengatakan, “Berdoalah engkau kepada Allah untukku agar menyembuhkanku.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Apabila engkau mau, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, apabila engkau mau, aku akan mendo’akanmu.” Orang itu pun mengatakan, “Do’akanlah.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu menyuruhnya untuk berwudhu dan memperbagus wudhunya serta shalat dua rakaat kemudian berdoa dengan doa ini, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafa’atnya untukku.” (HR. Ibnu Majah no. 1385 dan Tirmidzi no. 3578. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).


Dari al-Hadis ini kita mendapatkan pesan kuat mengenai keutamaan dari Sholat Hajat yang akan mengabulkan doa hambaNya yang memiliki keinginan dengan berwudhu dengan benar kemudian melakukan Sholat Sunnah dua rakaat, Selain keutamaan yang bisa mengabulkan hajat bagi yang mengerjakan, Sholat ini juga akan semakin mendekatkan hamba kepada Sang Khalik.

Keutamaan Shalat Hajat

Untuk tata cara sholat hajat sendiri termasuk mudah untuk dikerjakan. Dalam tata cara sholat hajat, waktu yang dilakukan bisa kapan saja kecuali pada waktu yang dilarang untuk melakukan shalat, shalat hajat dilakukan antara 2 hingga 12 raka’at dengan salam di setiap 2 raka’at. Selain berdo’a untuk mendapatkan keinginan, melakukan sholat hajat pun memiliki banyak keutamaan diantaranya:

Niat sholat Hajat

Mengucapkan niat bukan perkara wajib dan tidak termasuk syarat syah melaksanakan Sholat, akan tetapi demi menguatkan hati meluruskan niat bisa saja di lafadzkan, namun hanya dalam hati,adapun niat sholat Hajat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Sunnattal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa.

Artinya:
Aku niat melaksanakan Sholat Sunnah Hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Tata cara Sholat Hajat (Rukun)
Urutan Rakaat Pertama Rakaat Kedua
1 Niat dalam hati Membaca al-Fatihah
2 Takbiratul Ihram, lalu membaca doa iftitah Membaca surat al-Qur'an apa saja (Dianjurkan al-Ikhlash 3x)
3 Membaca al-Fatihah Ruku' (Membaca Subhana rabbiyal 'adzhimi wa bihamdihi )
4 Membaca surat al-Quran apa saja (Di anjurkan al-Kafirun 3x) I'tidal (Membaca Sami’Allaahu liman hamidah kemudian Rabbana Lakalhamdu Mil Assamawati Wamil Ardhi Wamil a’maasyita Min Syai i’nba’du)
5 Ruku' (Membaca Subhana Rabbiyal 'Adzhimi Wa Bihamdihi ) Sujud ke 3 (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi)
6 I'tidal (Membaca Sami’Allaahu liman hamidah kemudian Rabbana Lakalhamdu Mil Assamawati Wamil Ardhi Wamil a’maasyita Min Syai i’nba’du) Duduk diantara dua sujud (Membaca Rabbighfirli Warhamni Wajburni Warfa’kni Warzuqni Wahdini Wa’afini Wa’fu ‘anni)
7 Sujud ke 1 (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi) Sujud ke 4 (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi)
8 Duduk diantara dua sujud (Membaca Rabbighfirli Warhamni Wajburni Warfa’kni Warzuqni Wahdini Wa’afini Wa’fu ‘anni) Tahiyat akhir
9 Sujud ke 2 (Membaca Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi) Salam
10 Berdiri Dzikir dan berdoa

Dzikir setelah Sholat Hajat

Adapun sebelum memohonkan doa kepada Allah Ta’ala dianjurkan untuk mengingat Allah Ta’ala terlebih dahulu dengan melafadzkan sebagai berikut ini:

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliyyil ‘adzim 10x.

Dan membaca Sholawat terhadap Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Ali Wasallam:

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad 10 x.

Kemudian membaca doa ini juga:

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar 10x.
Doa setelah Sholat Hajat

Dan doa yang dibaca setelah menunaikan Sholat Hajat bisa memohonkan doa-doa berikut ini:

Doa pertama:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafaatnya untukku.”

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab

لَاِلَهَ اِلَّااللهُ الْحَكِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّوَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ اِثْمٍ لَا تَدَعْ لِى ذَنْبًا اِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا اِلَّافَرَّجْتَهُ وَلَاحَاجَةً اِلَّا هِيَ لَكَ رِضًااِلَّاقَضَيْتَهَا يَااَرْحَمَ الرَّحِمِينَ
Bacaan Doa Sholat Hajat Latin

“Laa ilaaha illallahul hakiimul kariimu subhaanallahi rabbil ‘arsyil ‘adzhiim. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin asaluka muujibaati rahmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birrin was-salaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzanban illa ghafartahu wa laa hamman illaa farrajtahu wa laa haajatan illaa hiya laka ridhon illaa qadhaytahaa yaa arhamar raahimiin”.
Arti Bacaan Doa Sholat Hajat Arab

“Tiada ada Tuhan selain Allah yang Maha Penyantun dan Pemurah. Maha Suci Allah Tuhan pemelihara arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. KepadaMu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmatMu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunanMu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaanMu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Abu Aufa).

Keutamaan Sholat Hajat

Fadhilah atau keutamaan yang didapatkan oleh orang yang sering menegakan sholat sunnah hajat, diantara banyaknya keutamaan, berikut ini keutamaan sholat hajat dan fahilahnya:

1. Allah Mencintainya

Allah berfirman:

“Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dari pada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR.Bukhori).

2. Derajat yang Tinggi

Allah berfirman:

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapus dosamu” (HR. Bukhori).

3. Dosanya Diampuni

Pengampunan dosa disebabkan semakin dekatnya seorang hamba dengan Allah, salah satu fasilitas mendekatkan diri kepada Allah yaitu dengan menegakan sholat, dengan sholat hajat maka hamba akan diampuni.

Doa yang dibacakan isinya penuh dengan permohonan ampunan kepada Allah, maka dengan berdoa sholat hajat dosa-dosa hamba akan diampuni

4. Dikabulkan Hajatnya

Salah satu keutamaan melaksanakan sholat hajat adalah agar keinginannya segera dikabulkan oleh Allah.

Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka’at dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat”, (HR. Ahmad).

Sekian penjelasan tentang sholat hajat lengkap. Semoga dengan adanya tuntunan ini dapat mempermudah Anda untuk selalu menunaikan sholat sunnah hajat 2 rakaat ini dan juga bermanfaat untuk menambah khazanah keilmuan Anda,dan bisa mengamalkan nya pada orang lain agar kita bisa membawa oran-orang pada jalan yang lurus dan benar.