Bacaan Niat Sholat Subuh Lengkap Arab, Latin, Dan Artinya

Bacaan Niat Sholat Sbuh Lengkap Aran, Latin, Dan Artinya - Sholat adalah tiang agama. Selain itu, sholat wajib adalah rukun islam yang kedua. Setiap orang islam yang telah baligh dan berakal, wajib hukumnya untuk melakukan sholat wajib.Sholat wajib 5 waktu mulai dari Subuh, Dhuhur, Asar, Maghrib, dan Isya adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Anda bisa menjalankan sholat wajib di awal waktu untuk mendapatkan pahala yang lebih berlimpah.Kewajiban mutlak yang harus dilakukan oleh umat islam ini berbeda dengan ibadah haji. Dalam beribadah sholat 5 waktu, Anda tidak memerlukan syarat khusus.

Sholat wajib atau sholat fardhu merupakan sholat yang sudah ditentukan waktunya. Masing-masing sholat harus dilakukan pada waktunya masing-masing.Terdapat aturan mulai dari jam berapa hingga jam berapa Anda harus melakukan sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh.Sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan sholat di awal waktu. Jadi, ketika Anda mendengar adzan berkumandang, Anda harus siap dan bergegas untuk sholat.Perintah untuk melakukan sholat dalam Al Quran dalam surah An Nisa ayat 103 bahwa sholat fardhu telah ditentukan waktunya untuk orang-orang yang beriman.

Firman Allah tentang sholat wajib pada surah An Nisa ayat 103:

اِنَّ الصَّلٰوۃَ کَانَتۡ عَلَی الۡمُؤۡمِنِیۡنَ کِتٰبًا مَّوۡقُوۡتًا

Artinya:

“Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”.


Oleh karena itu, dirikanlah sholat karena sholat merupakan kewajibannya orang islam. Siapa saja yang mengerjakan sholat harus mentaati dan mengetahui syarat dan rukun yang telah ditentukan.Ketentuan dan syarat untuk melakukan sholat wajib pun telah diatur dalam Al Quran.

Syarat Wajib Sholat

Setiap orang islam yang akan melaksanakan ibadah sholat harus mengetahui syarat dan rukun sholat. Jika syarat wajib sholat tidak dipenuhi, maka sholat yang dilakukan pun menjadi tidak sah.Salah satu syarat sah sholat adalah bersuci dari hadas dan najis. Jika Anda sholat namun masih bernajis, maka sholat yang Anda tunaikan pun menjadi tidak sah.

Berikut Syarat Wajib Sholat

1. Mengetahui masuknya waktu sholat

Syarat sah sholat yang pertama adalah telah masuk waktu sholat. Tidak sah sholat yang dilakukan oleh seseorang sebelum memasuki waktu sholat atau pun setelah keluar Sebagai tanda kalau sudah masuknya waktu sholat adalah dikumandangkannya adzan di setiap masjid atau mushola yang ada di sekitar Anda. Atau Anda bisa melihat jadwal sholat secara online di jadwalsholat.org.

2. Suci dari hadas besar dan hadas kecil

Anda harus suci dari hadas besar dan hadas kecil sebelum melakukan sholat. Jika Anda memiliki hadas besar, maka Anda harus melakukan mandi wajib atau mandi junub terlebih dahulu sebelum melakukan sholat. Setelah itu, sucikan diri Anda dari najis dengan cara berwudhu.

3. Suci badan, baju, dan tempat yang digunakan untuk sholat

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al Muddatstsir ayat 4 yang memerintahkan manusia untuk membersihkan pakaian.

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ

Artinya:

“Dan Pakaianmu bersihkanlah.” (Al-Muddatstsir ayat 4).

Dari hadis tersebut menunjukkan bahwa setiap orang yang akan melakukan sholat harus suci dari hadas dan najis termasuk juga pakaiannya..

Sedangkan dalil tentang sucinya tempat yang digunakan adalah atas dasar Sabda Rasulullah terhadap seorang Badui yang kencing di Masjid.

Rasulullah bersabda:

أَرِيْقُوْا عَلى بَوْلِهِ سَجْلاً مِنْ مَاءٍ

Artinya:

“Siramlah air kencingnya dengan menggunakan air satu ember”.

Namun, jika seorang muslim yang melakukan sholat fardhu dan ia tidak mengetahui bahwa ia terkena najis, maka sholatnya sah dan ia tidak wajib untuk mengulang sholatnya.Namun ketika ia kemudian mengetahui bahwa dia terkena najis, maka ia wajib menghilangkan najis terlebih dahulu dan kemudian sholat.Semua syarat sah wajib di atas harus dipenuhi untuk mendapatkan sholat yang sah. Untuk melakukan sholat wajib, Anda juga harus mengetahui tata caranya yang benar.

Tata Cara Sholat Subuh

1. Berwudhu

2. Membaca niat

3. Takbiratul ikhram

4. Membaca doa iftitah

5. Membaca surat Al-Fatihah

6. Membaca salah satu surat Al-Quran

7. Ruku' dan membaca doanya

8. I'tidal (membaca doanya)

9. Sujud (membaca doanya)

10. Duduk diantara dua sujud (membaca doanya)

11. Sujud (membaca doanya)

12. Melaksanakan rakaat kedua

13. Membaca Al-Fatihah

14. Membaca salah satu surat Al-Quran yang lainnya

15. Ruku'

16. I'idal

17. Membaca doa Qunut.

18. Takbir. Setelah selesai membaca do'a Qunut dilanjutkan dengan Takbir dengan mengucap “Allahu Akbar.”Kemudian dilanjutkan dengan sujud

19. Sujud

20. Duduk di antara dua sujud

21. Sujud

22. Tasyahud akhir

23. Salam

24. Berdzikir dan berdoa

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mempelajari bacaan sholat dengan sebaik-baiknya dan melafalkan bacaan sholat sesuai dengan tajwidnya.Semua bacaan sholat hendaknya dilafalkan dengan sebaik-baiknya. Anda tidak boleh terburu-buru ketika membacanya.
Jika Anda terburu-buru dalam membacanya, maka bacaan Anda pun akan menjadi berantakan. Bagaimana jadinya kalau Anda berkomunikasi dengan Allah, namun Anda sendiri merasa tergesa-gesa.