Manfaat Manfaat Puasa Senin Kamis lengkap

Manfaat Manfaat Puasa Senin Kamis lengkap-Selain memiliki hukum sunnah yang di anjurkan,puasa senin dan kamis juga memilikimanfaat dan keutamaan cukup luarbiasabahkan keutamaan puasa ini lebih di unggulkan dibanding dengan jenis puasa sunnah lainnya, keunggulan puasa senin kamais ini tida hanya sebatas dari sisi pahala ibadah saja tapi juga mencakup kehidupan duniawi meliputi masalah menjaga kesehatan badan,sehingga kepopuleran dari puasa ini sebenar nya tidak hanya batas sehingga di lakaukan karena adanya manfaatyang luarbiasa.

Di dalam Agama Islam, ada berbagai macam jenis puasa baik wajib maupun sunah, salah satunya adalah puasa Senin dan Kamis. Sebuah hadis yang dijelaskan oleh Abu Hurayrah (RA) mengatakan bahwa Rasulullah berkata “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”Ada beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang mungkin bisa memacu semangat Sahabat Dream untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh

Anjuran puasa Senin Kamis dapat dilihat dari kisah yang diriwayatkan Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu 'anhu. Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, beliau lantas menjawab:" Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR. Muslim)Keutamaan lain puasa Senin Kamis juga ada di dalam hadis yang disampaikan Abu Hurrairah radhiyallahu 'anhu.



Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)Hadis lainnya juga menyinggung masalah keutamaan puasa Senin Kamis yang sangat luar biasa.

Dari Abu Harrairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, 'Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai'." (HR. Muslim)

Jika Sahabat Dream ingin mencontoh perilaku Rasulullah, maka hadis berikut ini sebaiknya juga diperhatikan.
Dari Aisyah, dia berkata: " Adalah Nabi Sholallahu 'alaihi wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadis ini dishahihkan Al-Albani)Hadis lain yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim menyebutkan adanya pintu Surga di hari Kiamat yang dibuat khusus untuk orang-orang yang rajin puasa.

" Sesungguhnya di Surga ada satu pintu yang namanya 'Ar-Rayyan' yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari Kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka. Jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi." (HR. Bukhori dan Muslim)

Hari Kamis merupakan hari di mana Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam sering perjalanan (safar). Hal ini tercantum dalam hadis-hadis berikut ini.Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu pernah mengatakan, " Sangat jarang Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis." (HR. Al-Bukhari)Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu juga pernah mengatakan, " Bahwa Nabi Sholallahu 'alaihi wasallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis." (HR. Al-Bukhari)

1. Meningkatkan rasa syukur
Dengan berpuasa maka kita akan merasakan penderitaan orang yang kelaparan dan kekurangan. Oleh karena itu, puasa membuat kita semakin merasa lebih beruntung daripada orang lain yang kekurangan, termasuk kekurangan pangan akibat miskin maupun perang seperti di negara-negara konflik.

2. Melatih kesabaran
Dengan berpuasa maka saat kita emosi dan ingin marah, perasaan itu bisa teredam. Sebab kita jadi ingat kalau kita sedang berpuasa dan tak ingin puasa jadi batal.

3. Melatih disiplin
Orang yang berpuasa itu sejatinya melatih disiplin diri sebab ia harus bangun sebelum fajar untuk sahur. Kemudian dia harus menahan hawa nafsunya saat melihat makanan yang lezat di siang hari. Ia berusaha disiplin agar puasanya tak batal.

4. Menambah amal saleh
Berpuasa mendorong umat Islam untuk lebih memperbaiki diri dan memperbanyak amal saleh. Kita juga akan terdorong melakukan berbagai macam amalan yang akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

5. Menjaga kesehatan tubuh
Pakar kesehatan membuktikan, puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain menghilangkan racun dari dalam tubuh, puasa juga bisa memperbaiki sistem pencernaan.

6. Membuang racun di tubuh
Selama menjalani puasa Senin Kamis, tubuh secara otomatis mengalami detoksifikasi. Anda akan terhindar dari racun-racun berbahaya di dalam tubuh.
Saat puasa, lemak di tubuh dibakar menjadi energi maka racun di dalam lemak ikut dibebaskan sehingga detoksifikasi tubuh terjadi. Racun di tubuh dibuang dengan bantuan hati, ginjal, dan organ-organ lainnya sehingga tubuh dibersihkan dari racun.

7. Meningkatkan fungsi otak
Pertemuan Society for Neuroscience pada 2015 menunjukkan bahwa puasa meningkatkan fungsi memori otak. Bahkan puasa mampu menyembuhkan luka di otak atau penyakit stroke.

Studi menemukan bahwa puasa meningkatkan fungsi kognitif dan kualitas hidup orang yang hidup dengan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit parkinson dan alzheimer. Seseorang yang rajin puasa juga akan terlindungi dari risiko kerusakan otak saat terkena stroke.

Sejatinya, menjalankan ibadah puasa Senin Kamis sudah dicontohkan Rasulullah SAW. Sebab banyak sekali keutamaan menjalankan ibadah puasa sunah di kedua hari itu.

Seperti dilansir Inews pada Kamis (19/9/2019), selain banyak manfaatnya bagi tubuh, orang yang menjalankan puasa Senin Kamis akan diampuni dosa-dosanya. Sebab setiap hari Senin dan Kamis, seluruh amal atau perbuatan manusia selama satu pekan akan dinilai Allah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Seluruh amal manusia dilaporkan ke hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan hari Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya sedang bermusuhan.” (HR. Muslim)

Rasulullah SAW menyampaikan keutamaan puasa pada kedua kedua hari tersebut dengan sabdanya:

“Pintu-pintu surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Demikian ulasan tentang manfaat puasa senin kamis maaf bila ada kesalahan dan kekurangan mudah mudahan ini bisa menambahkan wawasan anda dan anda yang belum tau apa arti semua puasa itu kita bisa tanya kepada orang yang tinggi ilmu aggama nyah seperti orang orang terdekat d daerah kita seperti guru d sekolah maupun pesantren jika kita sudah bisa untuk melaksanakan puasa senin kamais ini kita juga bisa menggamalkan nyah agar kit bisa membantu orang yang tidak tahu mengenai puasa.