Bacaan Niat Puasa Sunnah Di Bulan Rajab Lengkap Arti Dan Latin

Bacaan Niat Puasa Sunnah Di Bulan Rajab Lengkap Arti Dan Latin - Rajab ialah salasatu bulanyang pling di mulyakan dalam agama islam seta sering dijadikan momen paling tepat untuk menambah amal ibadah yang diisi oleh beragam aktivitas ibadah seperti puasa sunnah blan tersebutatau membacakan doa niat puasa rajab khusus,ibadah ini dinilai memiliki banyak keunggulan berupa pahala besar yang akan bisa didapat oleh siapa saja yang melaksanakan ibadah di bulan rajab awal ampe akhir blan rajab tapi bukan cuma bulan rajab bulan sya'ban juga sama memiliki keunggulan.

Terdapat beberapa keutamaan dan manfaat bagi orang yang berpuasa di bulan rajab. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya". (HR. At-Tabrhani).Selain itu masih banyak lagi keutamaan-keutamaan dari puasa di bulan rajab.

Puasa di bulan rajab dan sya'ban ialah yang sering rasul saw kerjakan semasa hidupnya, sehingga hukum daripuasa rajab termasuk kategori sunnah, pandanggan tentang hukumpuasa di bulan rajab ini,tentunya berdasarkan dalil yang bersumber dari hadits nabi yang menganjurkan untuk mengisi bulan mulia dengan berpuasa,serta baanyak nyah pandanggan para ulama yang menganjurkan bulan rajab di isi dengan ibadah ini meski memang di akui ada saja perbedaan pendapat mengenai hal tersebut.


Banyak sekali dalil hadits sahahih tentang puasa rajab yang mana kesemuanya berisikan tentang keutamaan puasa rajab itu berapa hari seperti halnyah yang diriwayat kan dari at-thabrani yang berpuasa 1 hari di bulan rajab maka laksana 1 bulan begitu pula yang diriwayatkan oleh abu hurairah barang siapa yang melaksanakan keutamaan atau kebaikan atau melaksanakan berpuasa di tanggal 2 rajab maka dia tulis laksana 60 hari dan banyak lagi pahala puasa rajab lainnya.

Di dalam kalender hijriah yang digunakan oleh mayoritas umat islam,rajab adalah bulan ke tujuh yang terletak sebelum bulan sya'ban. dimana termasuk juga yang mempunyai keunggulan serta keutamaan didalamnya, bagi umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan selama bulan ini, salasatunya adalah dengan mengerjakan puasa sunnah dimana pahala dari apa yang dikerjakan akan di lipat gandakan sehingga sangat di anjurkan bagi siapa saja umat islam untuk melaksanakan puasa di bulan rajab ini.

Niat puasa

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala


Melaksanakan Puasa Rajab Hukumnya Sunnah

Yang termasuk sunnah berarti bila dikerjakan mendapat pahala, dan bila tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa. Namun, seperti penjelasan sebelumnya terdapat perbedaan pendapat di antara madzhab yang berlaku mengenai sunnahnya puasa Rajab ini, tetapi mayoritas madzhab menyatakan bahwa pelaksanaan puasa Rajab itu hukumnya adalah sunnah.


Dihapus Dosanya oleh Allah

Pahala penghapusan dosa yang didapatkan pada bulan Rajab berbeda-beda. Pada hari pertama dosa kita akan diampuni selama tiga tahun, pada hari kedua selama dua tahun, pada hari ketiga satu tahun, sedangkan pada hari-hari setelahnya dihapus dosa dalam satu bulan berdasarkan sabda Rasulullah saw: “Berpuasa pada hari pertama bulan Rajab menghapus puasa dosa selama tiga tahun, berpuasa pada hari kedua menghapus dosa selama dua tahun, berpuasa pada hari ketiga menghapus dosa selama setahun, kemudian untuk setiap harinya selama sebulan.”(HR. Al Khilal dalam Fadhoil Syahrur Rojab). Sungguh keutamaan yang mudah diraih hanya dengan berpuasa pada bulan Rajab.


Sama dengan Berpuasa di Bulan yang Mulia

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia sehingga puasa yang dilakukan pada bulan ini tentu akan memberikan nikmat serta pahala berlimpah pada kita semua.

Perbedaan Pendapat Tentang Puasa Rajab

Sebenarnya terdapat beberapa perbedaan pendapat tentang puasa Rajab ini. Madzhab Malikiyyah berpendapat bahwa melakukan puasa di bulan Rajab ini merupakan salah satu macam puasa yang disunnahkan. Begitu pula dengan madzhab Hanafiyyah yang menyatakan bahwa puasa Rajab adalah sunnah. Mazhab Syafi’iyyah juga menyatakan bahwa puasa Rajab adalah disunnahkan berdasarkan hukum qiyas serta ibarat yang diambil dari keterangan Al-Quran dan Hadits. Sedangkan, menurut madzhab Hanabilah puasa Rajab secara keseluruhan (satu bulan penuh) adalah makruh meskipun terdapat pendapat lain yang menyatakan sebaliknya. Apabila menyela-nyelainya dengan tidak berpuasa satu hari maka hukum kemakruhannya akan hilang.

Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama ‘rajab’ warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu.” (HR. Bukhari & Muslim).

Sekian dari saya mohon maaf artikel Niat Puasa rajab ini sangat singkat, tapi kalian bisa cari artikel lain buat menambah pengetahuan kalian dan wawasan kalian dengan tuujuan yang sama untuk mengetahui niat puasa rajab perbanyak lah amal baik di bulan bulan yang telah allah tentukan dan telah banyak keutamaan di bulan tersebut agar kita mendapatkan keutamaan dari bulan tersebut.