Doa Ketika Mau Menjelang Waktu Subuh Dan 4 Amalan Sesuai sunnah

Doa Ketika Mau Menjelang Wktu Subuh Dan 4 Amalan Sesuai sunnah - Sudah kita semua ketahui bersama waktu sholat subuh iyalah diawali dari munculnya fajar sidiq, yakni cahaya putih yang melintang di ufuk timur. dan waktu sholat subuh berakhir setelah terbit matahari. dalam menyambut sholat shubuh juga ada doanya berikut ini adalah doa menjelang sholat shubuh beserta latin dan terjemahnya, karena muslim tidak jauh dengan yang nama-nyah berdoa mau melaksanakan apapun selalu di awaki dengan berdoa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa melafalkan berbagai macam wirid-wirid dan doa-doa, baik itu sebelum shalat ataupun sesudah shalat fardhu. Bacaan dzikir dan doa yang pernah dilafalkan beliau, merupakan tuntunan bagi umatnya agar dapat dilakukan. Setiap doa dan dzikir yang langsung bersumber dari Rasulullah, biasa disebut dengan doa ma’tsur atau dzikir ma’tsur.

Setelah kita melaksanakan shalat malam dan sudah menjelang masuk waktu subuh, selain dianjurkan memperbanyak zikir, tasbih, tahmid dan tahlil kepada Allah, kita dianjurkan untuk membaca doa bertikut;



اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ

Allohumma inni a’uzu bika min dhiqid dunya wa dhiqi yaumil qiyamah.

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dan kesempitan hari kiamat.”

Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 10 kali. Ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Majah dari Syariq al-Hauzani, dia berkata;

دَخَلْتُ عَلَى عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، فَسَأَلْتُهَا: بِمَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْتَتِحُ إِذَا هَبَّ مِنَ اللَّيْلِ؟ فَقَالَتْ: لَقَدْ سَأَلْتَنِي عَنْ شَيْءٍ مَا سَأَلَنِي عَنْهُ أَحَدٌ قَبْلَكَ، كَانَ إِذَا هَبَّ مِنَ اللَّيْلِ كَبَّرَ عَشْرًا، وَحَمَّدَ عَشْرًا، وَقَالَ: سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَشْرًا وَقَالَ: سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ عَشْرًا وَاسْتَغْفَرَ عَشْرًا وَهَلَّلَ عَشْرًا، ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ ضِيقِ الدُّنْيَا، وَضِيقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ عَشْرًا ثُمَّ يَفْتَتِحُ الصَّلَاةَ

“Saya masuk menemui Sayidah Aisya, kemudian saya bertanya; ‘Dengan apa Rasulullah Saw membuka ketika malam sudah mulai pergi?’ Sayidah Aisyah menjawab, ‘Sungguh kamu telah bertanya sesuatu yang tidak pernah ditanyakan sebelumnya oleh siapa pun. Ketika malam sudah pergi, Nabi Saw membaca takbir 10 kali, membaca tahmid 10 kali, membaca ‘Subhanallah wa bihamdihi’ 10 kali, membaca ‘Subhanal malikil quddus’ 10 kali, membaca tahlil 10 kali. Kemudian beliau membaca; ‘Allohumma inni a’uzu bika min dhiqid dunya wa dhiqi yaumil qiyamah’ 10 kali. Lantas Nabi Saw mulai melaksanakan shalat.’”

Ada beberapa amalan yang sangat mudah kita kerjakan dikala sebelum melaksanakan sholat subuh:

1.Melaksanakan sholat sunnat 2 rakaat sebelum subuh

Sholat ini tergolong sunnah,namun pahala dan keutamaannya lebih besar dari dunia dan seisinya,maka bagi muslim yang ingin dimudahkan dari siksa akhirat,sangat rugi jika tidak mengerjakan sholat sunnat ini:
Sebagai mana sabda rasul SAW,"dua raka'at fajar(sholat sunnah qobliyah subuh)lebih baik daripada dunia dan isinyah."(HR.MUSLIM NO. 725)

2.Dzikir diantara terbitnya fajar dan subuh

Beliau bersabda,"ucapkanlah:subhaanallah wabihamdihi, subhaanallah hiladim,sebanyak 100 kali

3.membaca al quran
4.baca doa bebelum adzan dan iqomah

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai doa menjelang subuh mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua dan alangkah baik na jika kita sudah mengetahui doa tersebut tidak ada salahnyah untuk kita amalkan kepada orang yang belum mengetahui doa tersebut kita juga bisa mendapat pahala lebih besar jika kita sering melaksanakan amalan amalan sebulum salat subuh dan kita akan mendapat pahala dari mengamalkan doa tersebut kepada orang lain.