Doa Sebelum Belajar Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Doa Sebelum Belajar Lengkap Arab Latin Dan Arti - Apa yang dimaksud dengan belajar?
Pengertian belajar yaitu suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan bentuk perubahan keterampilan, perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan nilai positif dari berbagai materi yang telah dipelajari.Belajar merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang muslim.

Karena dengan belajar, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham dan dari yang tidak bisa menjadi bisa.belajar ini sudah menjadi perintah Allah untuk hamba-Nya, karena Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu, Maka hukum mencari ilmu dan mengamalkannya adalah wajib, jika ingin bahagia di dunia dan di akherat. Karena hal ini telah di jamin oleh islam.

Ketika akan menuntut ilmu, seorang muslim harus berdoa agar ilmu yang didapatkan berkah. Doa sebelum belajar atau menuntut ilmu perlu dibiasakan sedari kecil agar terbiasa hingga masa dewasanya kelak.
Dari uraian di atas, sudah jelas bahwa menuntut ilmu adalah wajib, jika ingin mendapatkan kebahagiaan dunia dan akherat.


Setiap akan memulai suatu ibadah ibadah, sebaiknya diawali dengan niat dan berdoa agar ibadahnya mendapatkan ridho dari Allah.
Belajar merupakan salah satu kegiatan yang tentunya wajib untuk semua orang. Tak hanya bagi anak-anak sekolah saja yang perlu belajar, namun juga orang dewasa. Karena sesungguhnya setiap perjalanan hidup ini adalah pembelajaran. Sebagai seseorang yang beragama, kita harusnya di wajibkan dan di anjurkan untuk membaca doa belajar setiap akan memulai dan mengakhiri pelajaran.

Doa Sebelum Belajar dari Al Quran

Doa sebelum belajar ini bersumber dari Al Qur’an, Surat Thaha ayat 114:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

(Robbi zidnii ‘ilmaa)

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu.

Sebagian ulama menambahkan sehingga doanya menjadi lebih panjang sebagai berikut:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِي فَهْمًا وَاجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ

(Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash sholihiin)

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu. Berilah aku karunia agar dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang shalih.

Doa Sebelum Belajar, Minta Ilmu Manfaat

Doa sebelum belajar ini bersumber hadits shahih riwayat Ibnu Majah dan Ahmad. Biasa dibaca Rasulullah setelah shalat Subuh. Sehingga sangat tepat dibaca bagi orang yang belajar di waktu pagi, setelah Subuh.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

(Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa)

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ilmu yang manfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima.

Minta Ilmu Manfaat, Berlindung dari Ilmu Tak Manfaat

Doa ini juga bersumber hadits riwayat Ibnu Majah, derajatnya hasan. Bahwa Rasulullah menganjurkan untuk memohon kepada Allah ilmu yang manfaat dan berlindung kepada Allah dari ilmu yang tak bermanfaat.

Sehingga doa ketiga ini berbunyi:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ

(Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa a’uudzubika min ‘ilmin laa yanfa’)

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ilmu yang manfaat, dan aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tak manfaat.

Keutamaan doa ini, insya Allah diberi Allah ilmu yang bermanfaat dan dihindarkan Allah dari kesia-siaan. Terutama dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin


Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya"

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Belajar dan Menuntut Ilmu Menurut Hukum Islam
Jika kita perhatikan isi Al-Qur'an dan Hadist, terdapat beberapa perintah yang mewajibkan bagi setiap Muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk menuntut ilmu agar menjadi umat yang cerdas. Menuntut ilmu artinya berusaha menghasilkan segala ilmu dengan jalan bertanya, melihat atau mendengar. Perintah Menuntut ilmu terdapat dalam hadist yang artinya: "Menuntut ilmu adalah fardhu bagi tiap-tiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan."

Menuntut Ilmu dari Segi Ibadah

Dari segi ibadah menuntut ilmu itu sangat tinggi nilai dan pahalanya, sebagaimana sabda rasulullah Saw. "Sungguh kiranya engkau melangkahkan kakinya di waktu pagi (maupun petang), kemudian mempelajari satu ayat dari kitab Allah (Al-Qur'an), maka pahalanya lebih baik daripada ibadah satu tahun."

Dalam hadist lain dinyatakan:
مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya: "Barang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali." (HR Turmudzi)

Mengapa menuntut ilmu itu sangat tinggi nilainya dilihat dari segi ibadah?. Sebab Amal ibadah yang tidak dilandasi dengan ilmu, akan sia-sia amalnya. Syaikh Ibnu Ruslan menyatakan: "Siapa saja yang beramal (melaksanakan amal ibadah) tanpa ilmu, maka segala amalnya akan ditolak, yakni tidak diterima.

Derajat orang yang berilmu jika ditinjau dari segi orang yang memiliki ilmu dengan yang tidak, maka perbedaannya sangat jauh sekali, nilainya maupun derajatnya. Allah Swt berfirman:

Artinya: " Allah meninggikan segala orang yang beriman dan segala orang yang diberikan ilmu dengan beberapa derajat." (QS Al Mujadalah :11)

merurut pembahasan di atas kita itu wajib menuntut ilmu dan kita juga jangan lupa untuk berdoa jika mau belajar sebagaai mana yang telah ter tulis di atas kit juga dapat mengamalkan doa tsb karena sebagai umat muslim kita harus saling membantu satu sama lain jika ada orang lain belum tau tentang doa sebelum belajar hendaklah kita wajib memberi tahu mudah mudahan ini bisa bermanfaat bagi semua orang dan bisa merubah semua orang jadi mau dalam melakukan pembelajaran mohon maaf jika ada kesalahan sekian dari saya.