Manfaat Dan Keutamaan Membaca Doa Sebelum Minum

Manfaat Dan Keutamaan Membaca Doa Sebelum Minum - Sebagai muslim yang baik kita tidak boleh melupakan doa dalam hal makan serta minum. Ini merupakan termasuk bagian ibadah yang sangat penting untuk dipraktekkan dalam keseharian kita. Bahkan, perilaku yang demikian menunjukkan rasa syukurnya terhadap nikmat Allah Swt. Orang yang mau bersyukur tentu akan ditambah lagi nikmatnya. Membaca doa sebelum dan sesudah makan atau minum akan kita bahas berikut ini

Makanan yang halal telah jelas. Sedang makanan yang baik ialah yang tidak berbahaya bagi tubuh, mengandung nutrisi yang cukup, dan tidak terlalu berlebihan. Nutrisi atau gizi yang diperlukan tubuh antara lain : karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Pemenuhannya pun mesti seimbang. Kekurangan nutrisi tak baik. Apabila kelebihan pun juga tidak bagus. Minum pun juga demikian.

Salah satu doa yang (mungkin) pertama kali diajarkan orang tua kepada anaknya. Maka tidak heran, jika anak-anak usia 2 tahunan sudah mengamalkan doa ini ketika hendak mau makan meski dengan lafadz bahasa yang terpotong-potong, tidak jelas karena memang anak seusia tersebut belum lancar berbicara.


Ada beberapa bacaan doa sebelum/sesudah makan dan minum yang dapat Anda pelajari, dan tentunya semua itu mempunyai dasar. Nah, lafadz doa sebelum dan sesudah makan/minum yang akan kami share ini sesuai apa yang telah diajarkan kepada kami baik dari orang tua (keluarga) maupun guru (ustadz). Dan berikut adalah lafadz doanya :

Tidak hanya sebelum dan sesudah makan saja yang dianjurkan berdoa, tapi doa sebelum dan sesudah minum juga dianjurkan untuk dibaca.

Masing-masing makan dan minum memiliki doa yang berbeda. Berikut adalah doa sebelum dan sesudah minum.
Sebelum minum, cukup membaca doa ini;

بِسْمِ اللهِ

Bismillah

“Dengan menyebut nama Allah.”

Sementara sesudah minum, doanya adalah;

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillahil ladzi ja’alahu ‘adzban furotan birohmatihi wa lamyaj’alhu milhan ujajan bidzunubina

“Segala puji bagi Allah yang dengan rahmtNya telah menjadikan air ini segar dan menyegarkan. Dan tidak menjadikan air ini asin dan pahit karena dosa-dosa kami.”

Doa ketika lupa membaca doa sebelum makan
doa ketika lupa baca doa makan
بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ
“Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”
Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.

Pada saat kita lupa membaca doa sebelum makan, telah dijelaskan menurut sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan “Bismillah”.

Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan”Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi “(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).

Dengan kita membaca doa sebelum maupun sesudah makan, maka kita telah memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Sebagai mana yang telah di katakan di atas kita hendak lah melaksanakan atau membaca doa sebelum melaksanakan aktipitas apapun apalagi kita mau makan atu mau mini kita d wajib kan untuk membaca doa sesudah dan sebelum makan agar makan kita tidak di barengi dengan setan dicukupkan sekian artikel mengenai doa sebelum minum mudah mudahan bisa bermanfaatbagi kita semua.